Pantai Desa Bahari, Raja Ampatnya Buton Selatan

Pantai Desa Bahari

ZONASULTRA.COM, BATAUGA – Keindahan wisata bahari di Sulawesi Tenggara (Sultra) memang tidak perlu diragukan lagi. Bumi Anoa ini memiliki garis pantai dengan pasir putih yang cukup panjang dan menakjubkan bagi setiap pencinta traveling.

Salah satunya wisata pantai di Kabupaten Buton Selatan (Busel), yakni Pantai Desa Bahari yang terletak di Desa Bahari, Kecamatan Sampolawa. Lokasi wisata ini terdiri dari bongkahan batu krust yang membentuk pulau kecil dan menyerupai Raja Ampat yang ada di Papua.

Pantai Desa BahariTim zonasultra.com berkesempatan mengunjungi lokasi wisata ini pada Rabu (2/1/2019). Jarak dari Kota Baubau menuju lokasi wisata ini sekitar 51,2 km dengan jarak tempuh 1 hingga 2 jam. Ada dua pilihan jalur alternatif untuk sampai ke Pantai Bahari, yakni melewati perbatasan Busel dengan Baubau atau melewati poros Baubau- Pasarwajo, Buton.

Sepanjang perjalanan menuju Pantai Bahari Anda akan disuguhkan pemandangan alam yang menyejukkan mata sebab kondisi hutan dan alam sekitar masih terjaga dengan baik.

Bagi Anda yang baru pertama kali ke tempat ini, tetap berhati-hati berkendara sebab jalur menuju ke Pantai Bahari cukup ekstrim dan fasilitas jalan raya belum memadai sepenuhnya di beberapa titik jalan, misalnya pembatas jalan dan rambu-rambu jalan.

Keindahan Pantai Bahari dapat Anda nikmati dengan naik ke puncak bukit Desa Bahari. Dari ketinggian, bongkahan batu krust yang terkikis karena abrasi pantai membentuk gugusan pulau kecil dapat terlihat jelas bersama bentangan laut biru serta pasir putihnya. Selain itu, dari pantai bongkahan batu krust ini membentuk terowongan kecil jika dilihat dari beberapa sudut pandang.

(Baca Juga : 7 Surga Wisata Tersembunyi di Sulawesi Tenggara)

Spot ini pun menjadi salah satu tempat terbaik untuk mengabadikan satu jepretan kamera. Pemerintah setempat sudah membangun sejumlah fasilitas seperti gazebo dan jalur tracking di bawah pepohonan kelapa sekitar Pantai Bahari. Saat ini pengujung yang datang ke Pantai Desa Bahari belum dikenakan tarif masuk lokasi wisata.

Tak jauh dari lokasi wisata, Desa Bahari ditinggali oleh masyarakat yang memiliki aktivitas pembuatan kapal, selain berdagang maupun nelayan. Aktivitas pembuatan kapal dapat menjadi tontonan tersendiri bagi pengujung yang datang ke Pantai Desa Bahari.

(Baca Juga : Air Terjun Kandawu Ndawuna, Pesona Wisata Alam Pulau Buton)

Bagi Anda yang hobi berenang, tempat ini juga cocok untuk dijadikan destinasi wisata pilihan bersama teman, kerabat dan keluarga. Sayangnya, lagi-lagi sampah menjadi salah satu faktor yang menghilangkan keindahan wisata Pantai Desa Bahari.

Nah, bagi Anda yang ingin menikmati keindahan Raja Ampat-nya Kabupaten Busel, wisata bahari tesebut dapat menjadi pilihan list kunjungan Anda. (a)

 


Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib