Tampilan Desktop


Pasca Banjir Susulan, Desa Puuwonua Kembali Normal
64 Dibaca

Pasca Banjir Susulan, Desa Puuwonua Kembali Normal

KONDISI PASCA BANJIR : Terlihat jalan yang masih di genagi air dan lumpur, juga gundukan tanah di desa puuwonua kecamatan andowia kabupaten konut, akibat di terjang banjir susulan 19/7/2016 selasa subuh, dengan ketinggian air mencapai dua meter, hingga menenggelamkan puluham rumah. (Jefri/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM,WANGGUDU – Air mulai surut pasca banjir susulan yang telah merendam sekitar 49 rumah warga di desa Puuwonua, kabupaten Konawe Utara (Konut) beberapa hari lalu. Yang terlihat hanya beberapa pekarang rumah tergenang air setinggi 5 sentimeter.

Pantuan awak Zonasultra.com di lokasi, terlihat puluhan warga yang tertimpa banjir, mulai mengevakuasi barang-barang miliknya setelah teredam banjir dibantu tim dari Badan Penanggulangan Bencana daerah (BPBD) konut serta beberapa barang seperti kasur, bantal, pakaian dan barang lainnya mulai dikeringkan di halaman rumah mereka.

Selain itu, kondisi jalan yang sempat lumpuh total selama satu karena tak bisa dilintasi warga akibat banjir, kini para pengendara sudah bisa melewatinya. Namun, jika hendak melintas jalur itu harus berhati-hati dikarenakan kondisi jalan yang belum di aspal ini, masih digenangi air, berlumpur dan licin.

Akan tetapi, warga masih tetap harus menggali sisa tanah yang menutupi rumah mereka dengan ketebal sekitar 1,5 meter serta menggali parit tempat jalannya air yang tertutup oleh timbunan tanah akibat dibawa arus sungai Anggomate pasca terjadinya banjir.

Meski begitu, masyarakat setempat sudah kembali melakukan aktifitasnya masing-masing.

Tim BPBD Konut beserta tim medis kesehatan setempat juga masih mendirikan masing-masing tenda darurat dan posko pelayanan kesehatan, untuk mengatasi hal yang kemungkinan dapat terjadi seperti tanah longsor dan banjir susulan., tim kesehatan juga memberikan pelayanan obat gratis kepada warga yang terkena musibah banjir.

Seperti diberitakan sebelumnya banjir susulan terjadi di desa Puuwonua, kecamatan Andowia, kabupaten Konut akibat diguyur hujan pada Selasa (19/72016) subuh, sehingga sungai Anggomate yang berada sekitar 5 meter dari pemukiman warga meluap. Akibat dari kejadian tersebut 40 rumah terendam banjir dengan ketinggian air mencapai 2 meter. (C)

 

Reporter : Jefri Ibnu
Editor      : Kiki

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com