Tampilan Desktop


Pasca Putusan MK, Besok KPU Konut Tetapkan Paslon Terpilih
311 Dibaca

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU– Pasca putusan Mahkamah Konstitusi (MK) hari ini terhadap Perselisihan Hasil Pemilihan (PHP) Pilkada Konawe Utara (Konut) dan tiga daerah lainnya di Sulawesi Tenggara (Sultra), KPU setempat langsung menjadwalkan rapat pleno penetapan pasangan calon (paslon) bupati dan wakil bupati terpilih, Selasa (26/1/2016) besok.

Pasca Putusan MK, Besok KPU Konut Tetapkan Paslon Terpilih

Ilustrasi

Seperti diketahui, MK menolak gugatan yang diajukan paslon Aswad Sulaiman-Abuhaera pada sidang yang digelar, Senin sore (25/1/2016). Selain Konut, MK juga menolak gugatan tiga daerah lainnya yakni Konawe Kepulauan, Buton Utara dan Wakatobi.

Anggota KPU Konut Divisi Hukum, Abd Malik yang dihubungi melalui telepon selulernya dari Jakarta mengatakan, KPU Konut sendiri menerima segala putusan MK. Dan selanjutnya akan segera melakukan rapat pleno penetapan pasangan calon pemenang pada pilkada 9 Desember 2015 lalu.

Meski kelima anggota KPU Konut saat ini masih di Jakarta, namun menurut Malik, demi tanggung jawab maka pada Selasa Subuh (26/1/2016) seluruh anggota KPU akan bertolak ke Kendari dan menggelar rapat pleno penetapan paslon pemenang, besok di Konawe Utara.

“Insya Allah, Selasa besok sekitar pukul 15.00 Wita kita plenokan pasangan calon pemenang,” kata Abd Malik, Senin malam (25/1/2016).

Anggota KPU Konut dua periode itu menambahkan, sesuai peraturan komisi pemilihan umum (PKPU) Nomor 11 Tahun 2015 pasal 54 ayat 6 yang menyebutkan pasca putusan MK 1×24 jam KPU setempat harus memplenokan hasil dan menetapkan paslon pemenang.

“Dan plenonya itu besok akan dihadiri oleh pasangan calon,” ujarnya singkat.

Untuk diketahui, pemenang Pilkada Konut adalah paslon Ruksamin-Raup. Paslon yang diusung partai politik (Parpol) PBB, PAN dan Golkar ini berhasil meraih 19.026 suara atau 50,83 persen, selisih 796 suara atau 2,13 persen dari paslon Aswad Sulaiman-Abuhaera yang hanya meraih 18.230 suara atau 48,70 persen dan posisi buncit paslon nomor ururt 2 Anwar-Razak Naba dengan perlehan suara 173 atau 0,64 persen.

 

Penulis : Murtaidin
Editor  : Rustam

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com