Tampilan Desktop



Pelantikan Bupati Buton, Bombana, dan Kolut Digelar Terpisah
297 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI– Pelantikan tiga kepala daerah terpilih Kabupaten Buton Umar Samiun-La Bakry, Bombana Tafdil-Johan dan Kolaka Utara (Kolut) Nur Rahman-Abbas digelar terpisah.

Tomy Indra Sukiadi

Tomy Indra Sukiadi

Kabag Otonomi Daerah (Otda) Setda Provinsi Sultra Tomy Indra Sukiadi mengatakan, untuk bupati dan wakil bupati Kolut dan Bombana akan dilantik di Kendari pada 22 Agustus 2017 di Aula Bahteramas Kantor Gubernur Sultra.

Sedangkan bupati dan wakil bupati Buton akan dilantik di Jakarta, di Gedung Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) pada 24 Agustus 2017 pukul 14.00 WIB.

“Saya pastikan tidak ada perubahan lagi dan sudah pasti 100 persen, yang Buton akan dihadiri Mendagri. Sementara yang akan melantik adalah Plt Gubernur Saleh Lasata,” pungkas Tomy saat ditemui di Aula Bahteramas, Kamis (17/8/2017).

Sebelumnya pemerintah Provinsi Sultra membentuk dua skenario terkait pelantikan ketiga bupati dan wakil bupati tersebut.

Skenario pertama pelantikan tiga kepala daerah digelar serentak di Gedung Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), Jakarta pada 18 Agustus 2017 mendatang.

“Kita hanya pinjam gedung dan yang akan melantik saya sendiri,” kata Plt Gubernur Sultra Saleh Lasata.

Skenario kedua adalah untuk bupati dan wakil bupati terpilih Bombana dan Kolut akan dilantik bersama di Kendari pada 22 Agustus, sedangkan untuk Buton akan dilantik di Jakarta pada 18 Agustus.

Namun berdasarkan hasil komunikasi ulang pihak pemda Sultra ke Kemendagri ditetapkanlah pelantikan dua kepala daerah Bombana dan Kolut dilaksanakan 22 Agustus 2017 dan Buton diundur dari 18 Agustus menjadi 24 Agustus

Diundurnya pelantikan bupati dan wakil bupati Buton itu karena KPK mengizinkan Umar Samiun menjalani pelantikan di hari tersebut.

Tomy menambahkan, pihaknya sudah mencetak undangan sekitar 100 lembar untuk pelantikan kepala daerah Buton sementara untuk Bombana dan Kolut sementara dilakukan pembahasan internal. (A)

 

Reporter: Ilham Surahmin
Editor: Jumriati

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free