Pelayanan Listrik di Butur Masih Minim

1
Kementerian ESDM Tinjau Potensi Tambang Aspal Di Butur
Pelayanan listrik di Kabupaten Buton Utara (Butur) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) masih terbilang minim. Hal itu diungkapkan langsung oleh mantan Kepala Dinas Pertambangan Dan Energi Butur Armin saat menerima kunjungan dari Kementerian ESDM di Aula Sekretariat Daerah, Selasa (16/5/2017).

Kementerian ESDM Tinjau Potensi Tambang Aspal Di Butur LISTRIK MINIM – Pelayanan listrik di Kabupaten Buton Utara (Butur) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) masih terbilang minim. Hal itu diungkapkan langsung oleh mantan Kepala Dinas Pertambangan Dan Energi Butur Armin saat menerima kunjungan dari Kementerian ESDM di Aula Sekretariat Daerah, Selasa (16/5/2017). (Istimewa)

 

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Pelayanan listrik di Kabupaten Buton Utara (Butur) Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra) masih terbilang minim. Hal itu diungkapkan langsung oleh mantan Kepala Dinas Pertambangan Dan Energi Butur Armin saat menerima kunjungan dari Kementerian ESDM di Aula Sekretariat Daerah, Selasa (16/5/2017).

Menurut Armin, kebutuhan listrik masyarakat Butur dapat terpenuhi secara menyeluruh apabila kapasitas PLN mencapai 4 Mega Volt (Mv). Sementara yang ada saat ini, lanjut dia, baru sebesar 1,2 Mv.

Ia menerangkan bahwa saat ini baru lima kecamatan yang teraliri listrik, itupun masih banyak desa yang belum terlayani. Bahkan, tambah Armin, ada satu kecamatan yang belum sama sekali menikmati listrik, yakni Kecamatan Wakorumba Utara.

Diakui, beberapa waktu lalu Pemda Butur telah berkoordinasi dengan PLTD Makassar, dan akan diberikan tambahan mesin berkapasitas 1,2 MV, namun hingga kini mesin tersebut tak kunjung tiba. Pada kesempatan itu, Armin berharap kehadiran tim dari Kementerian ESDM ini dapat melahirkan solusi atas kendala listrik yang tengah dialami masyarakat Butur.

“Kami harapkan kedatangan bapak dapat menyahuti kami di sini, bahkan di sini pernah mati satu bulan full pak, kalau hanya satu dua hari di sini kami sudah biasa pak,” ucap Armin.

Menanggapi hal itu, Staf Ahli Menteri (SAM) Investasi dan Pengembangan Infrastuktur Setjen Kementerian ESDM, Prahoro Nurtjahyo mengatakan bahwa pihaknya akan menindaklanjuti permasalahan listrik yang disampaikan oleh Pemda Butur. Bahkan, ia juga menyampaikan bahwa Menteri pun sangat serius menyikapi persoalan listrik ini. (A)

 

Reporter : Irsan Rano
Editor : Kiki

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here