Pemda Konsel Akan Bantu 7.496 Pelaku Usaha Kembangkan Usahanya

0
Kepala Bidang UMKM Dinas Koperasi dan UMKM Konsel Slamet
Slamet

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO – Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra) akan menfasilitasi para pengusaha mikro, kecil maupun menengah di daerah itu agar dapat mengembangkan usahanya.

Kepala Bidang UMKM Dinas Koperasi dan UMKM Konsel Slamet
Slamet

Kepala Bidang UMKM Dinas Koperasi dan UMKM Konsel Slamet mengatakan, pemerintah daerah siap membantu para pelaku usaha dalam hal penguatan permodalan yang dilakukan melalui kredit usaha rakyat (KUR) bekerjasama dengan Bank BRI.

Berdasarkan Perpres Nomor 98 Tahun 2014 tentang Izin Usaha Mikro Kecil dan Menegah, lanjut Slamet, Pemda Konsel telah mendelegasikan ke camat soal keluarnya Peraturan Bupati (Perbup) Konsel Tahun 2014 dengan pendelegasian usaha mikro menengah.

“Untuk jaminan mendapatkan KUR harus melalui sertifikat, sedangkan model pengembalianya dapat dilakukan secara berjangka,” kata dia.

Slamet menambahkan, saat ini terdapat 7.496 jenis usaha di Konsel yang terdiri dari usaha mikro berjumlah 5.550, sedang untuk jenis usaha kecil sebanyak 1.862 dan usaha menengah hanya berjumlah 84.

“Hasil pendataan dan inventarisasi kita hampir semua aktif, melihat beberapa jenis usaha mengalami perkembangan,” ungkap Slamet. (C)

 

Reporter : Erik Ari Prabowo
Editor : Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here