iklan zonasultra

Pemda Mubar Dukung Program P2WKSS di Desa Sidomakmur

Pemda Mubar Dukung Program P2WKSS di Desa Sidomakmur
LOMBA P2WKSS - Wakil Bupati Muna Barat (Mubar) LM Achmad Lamani memberikan sambutan dalam pelaksanaan lomba Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) tingkat Provinsi Sulawesi Tenggara (Sultra). Kegiatan ini, ditempatkan di Desa Sidomakmur, Kecamatan Tiworo Kepulauan (Tikep), Kamis (15/11/2018). (Kasman/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, LAWORO – Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Muna Barat (Mubar) mendukung program Peningkatan Peranan Wanita menuju Keluarga Sehat Sejahtera (P2WKSS) yang dipusatkan di Desa Sidomakmur, Kecamatan Tiworo Kepulauan (Tikep), Kamis (15/11/2018).

Wakil Bupati Mubar,  Achmad Lamani mengatakan terpilihnya Desa Sidomakmur sebagai lokasi pelaksanaan P2WKSS karena pembangunan berbagai sektor di daerah ini masih rendah. Hal ini pun secara langsung berdampak pada rendahnya pemberdayaan perempuan di daerah ini. Sehingga dengan masuknya program P2WKSS diharapkan perempuan memaksimalkan perananya dalam masyarakat demi mewujudkan keluarga sehat dan sejahtera. Desa Sidomakmur lanjut Achmad Lamani juga menjadi perwakilan Kabupaten Minar dalam perlombaan P2WKSS tingkat provinsi.

“Sedianya perempuan bisa memberdayakan dirinya dan keluarga, sehingga dapat tumbuh lebih maju, berkualitas dan mandiri,”tuturnya.

Selanjutnya Achmad Lamani berharap program P2WKSS ini semakin dinamis dan tidak hanya menjadi program tahunan. Tetapi progam ini dapat betul dirasakan manfaatnya oleh masyarakat, khususnya perempuan dan keluarganya.

Kata Achmad Lamani, khusus P2WKSS di Desa Sidomakmur ini, dilaksanakan berdasarkan surat keputusan Gubernur Sultra nomor 298 tahun 2018 tentang penetapan desa dan kelurahan binaan terpadu P2WKSS ini. Lanjut dia, pada Kamis (15/11/2018) tim penilai lomba P2WKSS ini sudah tiba di Mubar dan melakukan penilaian.

Menurutnya, program PKK dan P2WKSS ini, mirip dengan program pemerintah pusat yakni membangun dari desa. Lanjut dia, upaya pemerintah dalam meningkatkan peran perempuan pada umumnya menjadi komitmen yang tidak bisa dipisahkan dari Pemda Mubar.

“Olehnya itu, dengan kegiatan ini dapat memberikan motivasi positif bagi masyarakat terutama bagi kamu perempuan di desa ini,

Sementara itu, Ketua Tim Penilai Lomba P2WKSS, Andi Tendri Rawe Silondae mengungkapkan P2WKSS ini sejalan dengan visi Gubernur Sultra Ali Mazi dan Wakil Gubernur Lukman Abunawas mewujudkan Sultra yang aman, maju, sejahtera, bermartabat dengan program gerakan akselerasi pembangunan terpadu di wilayah daratan dan lautan.

“Jadi kegiatan P2WKSS ini bertujuan untuk mengembangkan sumber daya manusia dan sumber daya alam di sekitar lingkungan kita masing-masing. Serta untuk mewujudkan keluarga sehat sejahtera, dan bahagia dalam rangka pembangunan desa dan kelurahan dengan kaum wanita sebagai penggeraknya,” jelasnya.

Kata Tendri, dengan program P2WKSS ini diharapkan dapat memberikan daya ungkit untuk memperkecil kesenjangan yang ada antara laki-laki dan perempuan, baik dari segi akses, partisipasif, kontrol dan manfaat pembangunan. Selain itu, meningkatkan koordinasi dan kerja sama, khususnya terkait isu-isu perempuan, ibu dan anak serta untuk mewujudkan Indonesia sejahtera tahun 2025 dan generasi emas tahun 2045 serta tujuan pembangunan berkelanjutan tahun 2030. (C)

 


Kontributor : Kasman
Editor : Tahir Ose

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib