Tampilan Desktop



Pemkab Butur Bakal Patenkan Tarian Khas Daerah, Salah Satunya Tari Lense
64 Dibaca

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Pemerintah Kabupaten Buton Utara (Butur), Sulawesi Tenggara (Sultra) berkomitmen untuk segera melegalkan beberapa tarian khas yang ada di daerah itu.

Plt Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Butur Harlin Hari mengakui, terkait dengan seni tari, saat ini sejumlah tarian khas daerah yang ada di Butur rupanya belum tercatat di Kementerian Pariwisata sebagai milik daerah setempat. Meski secara historis diketahui bahwa tarian tersebut berasal dari Butur, namun jika belum terdaftar maka tidak dapat dipromosikan sebagai milik asli daerah setempat.

 Pemkab Butur Bakal Patenkan Tarian Khas Daerah, Salah Satunya Tari Lense

Harlin Hari

Dijelaskan, saat ini Butur memiliki beberapa tarian yang kerap ditampilkan pada momen-momen tertentu, misalnya tari Lense, Ngibi, Balumpa, dan Modero. Namun perlu ada beberapa penguatan yang dapat menjadi acuan sebelum ditetapkan sebagai hak paten daerah setempat antara lain asal usul maupun keaslian tari tersebut.

“Kita cari keasliannya dulu, kemudian kita tetapkan, dan itu yang kita promosikan dan publikasikan ke luar,” ujarnya.

Selain seni tari, Harlin akan membenahi Benteng Keraton. Direncanakan, dalam waktu dekat pihaknya akan menggelar festival Budaya Bharata Kulisusu. Namun hal itu, masih akan dikonsultasikan dengan bupati maupun DPRD setempat.

“Mudah-mudahan bisa diterima festival budaya Bharata Kulisusu, lewat itu kita akan perkenalkan kegiatan sara, pakaian-pakaian khas dulu akan diperkenalkan,” ungkapnya.

Dia menambahkan, setelah melengkapi Rencana Induk Pengembangan Wisata Daerah (RIPDA) yang diperkirakan selesai di semester pertama tahun ini, pihaknya akan berkunjung ke Kementerian Pariwisata untuk mempresentasekan profil wisata Butur. (B)

 

Reporter : Irsan Rano
Editor   : Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com