Tampilan Desktop



Pemkab Butur Gandeng Pelatih Dari Yogya Perkuat Kapasitas Pengrajin Tenun
41 Dibaca

Pemkab Butur Gandeng Pelatih Dari Yogya Perkuat Kapasitas Pengrajin Tenun KERAJINAN TENUN – Kapasitas para pengrajin di Kabupaten Buton Utara (Butur) terus ditingkatkan. Kali ini, Dinas Pendidikan Butur bekerjasama dengan Dekranas setempat menggelar pelatihan dengan mendatangkan pemateri khusus dari Yogyakarta. (Istimewa)

 

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Kapasitas para pengrajin di Kabupaten Buton Utara (Butur) terus ditingkatkan. Kali ini, Dinas Pendidikan Butur bekerjasama dengan Dekranas setempat menggelar pelatihan dengan mendatangkan pemateri khusus dari Yogyakarta.

Yuri Amni Yumna, selaku ketua panitia mengatakan, kegiatan itu meliputi pembuatan batik dengan aneka corak khas butur. Tak hanya corak batik, para peserta juga dilatih beberapa jenis kerajinan lainnya.

Diakuinya, kualitas hasi karya sangat menentukan peluang dalam persaingan pasar. Agar mendapat hasil yang maksimal, pihaknya memutuskan untuk mengundang pelatih yang lebih berkompeten dan berpengalaman.

“Pematerinya ini kita ambil dari Jogja,” kata Yuri saat dihubungi usai pelatihan, Sabtu (23/9/2017).

Meski pelatihan hanya berlangsung lima hari, ia mengaku sangat bersyukur, sebab pihaknya melihat adannya kemajuan yang signifikan. Bahkan ketika ada acara pameran nanti, pihaknya berencana untuk memamerkan seluruh hasil karya khas daerah tersebut.

“Pada acara-acara pameran nanti, kita akan tampilkan semua hasil karya daerah,” ungkapnya.

Selain itu, dia juga berharap, peserta yang merupakan gabungan utusan pengrajin dari enam kecamatan maupun dari lembaga pendidikan non formal ini dapat meneruskan hasil pelatihan itu kepada rekan-rekannya yang lain.

“15 orang ini digembleng, dilatih untuk jadi penggerak, bisa memberikan pelatihan kepada yang lain-lain lagi,” tuturnya. (B)

 

Reporter : Irsan Rano
Editor : Kiki

Tagged with:
RS ZonaSultra

View all contributions by RS ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com