Tampilan Desktop


Pemkot Baubau Lelang Jabatan, DPRD: Jangan Dipolitisasi
32 Dibaca

Ilustrasi

Ilustrasi

 

ZONASULTRA.COM, BAUBAU – Pemerintah Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra) telah melakukan lelang jabatan secara terbuka untuk mengisi kekosongan tiga jabatan eselon dua lingkup pemerintah setempat, yakni kepala dinas pariwisata, kepala dinas perikanan dan kelautan dan satu staf ahli.

Kepala Badan Kepegawaian Daerah Kota Baubau, Asmaun mengungkapkan, secara teknis Pemerintah Kota Baubau telah membentuk panitia lelang jabatan dari badan pertimbangan jabatan dan kepangkatan (Baperjakat) yang melibatkan pihak akademisi dan tokoh masyarakat.

“Kami sudah umumkan disalah satu media cetak lokal mengenai lelang jabatan ini secara terbuka siapa saja bisa ikut yang terpenting memenuhi persyaratan,” ungkap Asmaun, Senin (18/4/2016).

Ia menambahkan, lelang jabatan tersebut dilakukan secara terbuka. Artinya, selain PNS lingkup Kota Baubau, PNS dari luar daerah juga dimungkinkan untuk mendaftar.

“PNS luar Kota Baubau juga bisa mendaftar yang terpenting dia sudah mendapatkan dukungan (izin) dari kepala daerahnya. Jangan sampai dia terangkat namun mendapat kendala dari daerah asalnya,” tutup Asmaun.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Kota Baubau, La Ode Yasin Mazadu mengaku sangat mendukung lelang jabatan tersebut. Menurut dia, dengan adanya lelang jabatan, maka sebagian hak walikota sudah dipangkas dimana pengangkatan pejabat adalah hak kepala daerah.

“Kita sangat mengapresiasi langkah ini (lelang jabatan) sehingga nantinya pejabat yang akan menduduki jabatan ini betul telah melewati seleksi dan memiliki misi yang sama dengan Pemerintah Kota Baubau,” ujar Yasin.

Pihaknya juga berharap panitia lelang jabatan ini tidak akan terkontaminasi dengan pihak luar. Harus bekerja secara profesional dan obyektif serta tidak ada tendensi atau kepentingan politik di dalamnya.

“PNS luar daerah bisa mendaftar sah-sah saja selagi dia memiliki kemampuan untuk bersama-sama membangun Kota Baubau ke depan. Intinya membangun Kota Baubau tidak hanya masyarakat di daerah kita, jika ada pihak dari luar memiliki kemauan untuk membangun Kota Baubau kita harus mendukung pula,” tutup legislator Partai Bulan Bintang ini. (B)

 

Penulis : Mulyadi
Editor   : Jumriati

View all contributions by

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com