Tampilan Desktop


Perhatikan Empat Hal Ini Sebelum Berbisnis dengan Pasangan
17 Dibaca

Ilustrasi

Ilustrasi

 

ZONASULTRA.COM– Mencari rekan dalam berbisnis, baik bisnis online ataupun bisnis offline sebenarnya bisa kita dapatkan di manapun. Banyak orang yang memilih orang terdekat menjadi rekan bisnisnya, mulai dari keluarga, kerabat bahkan pasangan Anda. Alasan utamanya adalah mengenai kepercayaan yang belum tentu bisa didapatkan dengan memiliki rekan bisnis yang merupakan orang asing yang belum pernah kita kenal sebelumnya.

Jika Anda ingin memulai sebuah bisnis dengan pasangan Anda, mungkin hal pertama yang harus kalian putuskan adalah apakah kalian betul-betul yakin dengan pasangan Anda. Apakah kalian sudah memutuskan untuk melangkah ke tahapan yang lebih serius, atau sekedar berjalan di tempat? Jika memang sudah serius, kalian bisa melanjutkan untuk membangun sebuah kerajaan bisnis kalian berdua. Berikut hal-hal yang harus kalian perhatikan sebelum benar-benar menjadi rekanan bisnis.

Konsep

Bukan hanya dengan pasangan saja, namun siapapun yang kalian pilih menjadi rekan bisnis Anda tentunya kalian harus memiliki konsep yang matang sebelum betul-betul menjalaninya. Kalian bisa menjadikan tren bisnis yang sedang hits menjadi salah satu pilihan konsep bisnis, namun hal tersebut tak selamanya baku. Artinya, kalian tak harus selalu mengikuti tren pasar.

Pikirkan saja mengenai passion bisnis yang paling kalian minati berdua. Sebab hal tersebut merupakan modal utama yang harus dimiliki untuk berbisnis. Berbisnis yang disesuaikan dengan passion akan memiliki usia bisnis yang lebih awet ketimbang bisnis-bisnis yang mengikuti tren yang berkembang. Yang terpenting dalam menyusun sebuah konsep bisnis yang akan dijalani berdua adalah mengkomunikasikan apa yang kalian inginkan berdua, jangan egois untuk selalu menang karena di sini kepala kalian ada dua tak boleh memaksakan kehendak sendiri.

Rencana Modal

Modal dalam berbisnis selain memiliki konsep bisnis yang cukup matang, niat yang konsisten, modal dana juga adalah salah satu faktor terpenting agar bisnis yang akan dijalani dapat berjalan dengan lancar. Di sini Anda akan menjalankan bisnis berdua, jadi kalian haruslah membicarakan perkara modal sebelum betul-betul menjalankannya. Modal berasal dari mana, jika kalian sepakat untuk patungan berapakah persentase yang harus disumbangkan.

Pastikan untuk membicarakan perkara perencanaan modal ini sejak awal, jangan sampai lupa dan baru dibicarakan pada saat bisnis sudah mau berjalan. Meski si dia adalah pasangan Anda, kalian harus membicarakan soal persentase yang akan didapatkan setiap orang berdasarkan modal yang ditaruh.

Jujur & Transparan

Kejujuran tidak hanya harus diterapkan dalam sebuah hubungan percintaan saja antara Anda dengan si dia, namun jika Anda ingin membangun sebuah bisnis atau usaha sampingan berdua kejujuran merupakan hal yang paling penting untuk diterapkan. Anda harus membicarakan semua hal terkait bisnis ini secara detail kepada pasangan, begitu juga sebaliknya. Mulai dari hitungan modal, pengeluaran dan pemasukan uang kas, keuntungan yang didapatkan, dan semua hal yang terkait dengan bisnis Anda berdua. Karena jika tidak, hal ini akan menimbulkan kesalahpahaman di antara kalian. Akibatnya bukan saja bisnis kalian menjadi hancur, namun resiko terbesarnya adalah hubungan kalian juga menjadi berantakan.

Bersama-sama Menjaga Komitmen Bisnis

Bisnis yang kalian bangun berdua ini adalah milik bersama, sehingga Anda harus mengerjakan segala sesuatunya berdua. Jangan sampai tidak seimbang dalam pembagian tugas dan peranan masing-masing. Tidak ada bias gender di sini, semua sudah harus masuk dalam porsinya masing-masing. Kekompakan juga harus tetap dijaga begitu pula komitmen kalian dalam berbisnis. Dalam membangun sebuah bisnis, mengalami kegagalan atau kerugian mungkin merupakan hal yang biasa.

Namun yang terpenting adalah untuk tidak menyerah dan menjaga komitmen bisnis ini agar bisnis yang kalian jalani dapat membawa keuntungan yang maksimal. Selain itu, persiapkan juga skenario terburuk apabila hubungan kalian berakhir, jangan pernah membawa hal-hal yang bersifat pribadi ke dalam bisnis yang dijalani berdua.

 

Penulis : Admin ZS

View all contributions by

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com