Perindagkop Bombana Buka Layanan Klinik IKM Gratis

Perindagkop Bombana Buka Layanan Klinik IKM Gratis
KLINIK IKM - Dinas Perindakop dan UKM Bombana membuka klinik IKM untuk para pelaku usaha di daerah itu. Kninik tersebut sebagai wadah pencarian solusi guna menciptakan usaha yang berkapasitas dan berdaya saing. (MUHAMMADJAMIL/ ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, RUMBIA– Pemerintah Kabupaten Bombana memiliki Klinik Industri Kecil (IKM) yang diperuntukan bagi para pelaku usaha di daerah itu. Klinik itu menyediakan tujuh layanan konsultasi gratis.

Klinik IKM ini ditempatkan di Kantor Dinas Perindustrian dan Koperasi (Perindagkop) dibuka setiap hari kerja Senin hingga Jumat pukul 08.00-16.00 Wita. Lewat klinik IKM ini pelaku usaha yang memiliki kendala dalam menjalankan usahanya bisa dibantu dengan datang berkonsultasi. Bentuk pelayanan yang diberikan selain konsultasi juga pendampingan agar pelaku usaha di daerah ini memiliki standarisasi atas produk yang diproduksi.

Kepala Bidang Perindustrian Bombana, Mualim mengatakan, dinamika pemasaran di wilayah itu mendorong pihaknya membuka layanan untuk para pelaku usaha. Kata dia, tidak semua pelaku usaha mampu menangani masalah persaingan di era milenial saat ini. Hal inilah yang mendasari pembukaan layanan klinik tersebut sebagai wadah pencarian solusi guna peningkatan kapasitas para pelaku usaha.

“Berangkat dari dinamika itu, kami siap membantu semua pengusaha di daerah inj. Ada tujuh jenis jasa layanan yang kami siapkan dan bagi prlaku IKM yang ingin berkonsultasi terkait usahanya ka.i siap melayani dengan baik,”ungkap Mualim di ruang kerjanya, Selasa (9/10/2018).

Mualim menjabarkan, adapun tujuh jasa layanan IKM gratis yang dimaksud pertama, konsultasi usaha yang bertujuan membantu pelaku IKM utamanya yang baru merintis usaha mengidentifikasi usaha dan mencari solusi masalahnya.

Kedua, informasi usaha yang diberikan dengan mencari informasi tentang usaha potensial bagi pelaku IKM.

“Disini kita akan melihat peluang dan kapasitasnya serta kami siap lakukan study kelayakan atas usahanya,” kata Mualim

Ketiga, pendampingan usaha yang ditujukan kepada pelaku usaha yang kerap gagal dalam menjalani bisnisnya.

Keempat, dibukanya layanan pelatihan peningkatan kapasitas pelaku usaha

“ Guna meningkatkan kapasitas para pelaku usaha, kami telah merencanakan untuk para pelaku IKM mengikuti pelatihan baik tingkat nasional, provinsi maupun kabupaten bekerjasama dengan rumah kreasi Bombana milik Bank BRI ” bebernya.

Kelima, adanya layanan akses pembiayaan atau permodalan. Artinya, instansi Perindakop akan menjembatani pelaku usaha melalui Kredit Usaha Rakyat (KUR), Bank BRI dan Bank BNI.

keenam, adanya layanan akses pemasaran produk IKM dalam artian layanan tersebut akan membantu para pelaku jsaha untuk pemasaran produk-produk IKM melalui pameran baik skala lokal maupun nasional. Ketujuh, adanya pustakan kewirausahaan IKM yang bertujuan menyediakan sarana informasi berupa buku-bulu, majalah serta aturan-aturan terbaru yang berkaitan dengan pengembangan IKM.

“Jika anda memiliki kendala dalam mengembangkan usaha atau ragu memilih usaha atau pun bingung memilih jenis usaha industri, Anda cukup datang ke Kantor Dinas Perindakop Bombana dan segera lakukan konsultasi di klinik yang kami sediakan,” tutupnya. (B)

 


Reporter : Muhamad Jamil
Editor : Tahir Ose

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib