Tampilan Desktop



Peringati Hari Jadi SAR Berharap Jadi Garda Terdepan Penyelamatan Warga
65 Dibaca

Peringati Hari Jadi SAR Berharap Jadi Garda Terdepan Penyelamatan Warga

SAR KENDARI – Simulasi penyelamatan penumpang mobil yang tertimpa pohon tumbang oleh SAR Kendari, Selasa (28/2/2017). Dalam rangka memperingati hari jadinya yang ke -45 Search and Rescue (SAR) berharap bisa dan menjadi garda terdepan pencarian dan penyelamatan warga. (Lukman Budianto/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM,KENDARI – Dalam rangka memperingati hari jadinya  yang ke -45  Search and Rescue (SAR) berharap bisa  dan menjadi garda terdepan pencarian  dan penyelamatan warga.

Masyarakat pun diminta berperan aktif bekerja sama dengan SAR . Jika ada musibah, warga diminta tidak canggung  menghubungi SAR.

“Saya juga menghimbau kepada seluruh anggota SAR agar bisa bersinergi dengan institusi lain seperti kepolisian, TNI, dan lebih terhusus kepada seluruh masyarakat Kota Kendari,” jelas  Kepala SAR Kendari Muslimin usai menggelar upacara peringatan hari jadi SAR ke 45 di Kendari, Jumat.

Selain melaksanakan upacara pada peringatan hari jadinya SAR juga melaksanakan sejumlah kegiatan seprti menggelar simulasi penyelamatan penumpang mobil yang tertimpa pohon tumbang. Pada simulasi itu,  tim SAR dengan cekatan menyelamatkan penumpang mobil.

Muslimin mengatakan, simulasi yang dilakukan ini sebagai wujud kewaspadaan SAR menghadapi kemungkinan buruk yang mengintai pengguna jalan dalam cuaca buruk seperti yang terjadi belakangan ini.

simulasi_basarnas1“Sekarang kan cuaca lagi ekstreem, kemungkinan buruk apapun bisa saja terjadi. Simulasi yang kami lakukan tadi itu adalah bentuk kewaspadaan tim kami,” kata Muslimin.

Selain melakukan simulasi, di hari jadi SAR yang ke 45 ini, SAR Kendari juga melakukan serangkaian kegiatan seperti tabur bunga di makam pahlawan, serta beberapa lomba ketangkasan yang diikuti oleh anggota SAR Kendari.

Peingatan HUT SAR ini dimulai dengan upacara penaikan bendera merah putih pada pukul 08.00 Wita. Upacara ini diikuti oleh beberapa perwakilan potensi SAR seperti mahasiswa pecinta alam, PMI, serta anggota pramuka tingkat SMA.

Saat upacara selesai,  dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng sebagai wujud syukur SAR kendari karena selama 45 tahun SAR telah menunjukkan eksistensinya dalam melakukan pencarian serta penyelamatan di tengah masyarakat.

“Ini adalah wujud syukur kita karena telah eksis dan menjadi garda terdepan dalam melakukan pencarian dan penyelamatan di tengah masyarakat,” tambah Muslimin. (C)

 

Reporter : Lukman Budianto
Editor : Tahir Ose

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free