Tampilan Desktop



Peringati HUT RI ke-72, 30 Diver di Wakatobi Gelar Upacara Bawah Laut
208 Dibaca

Laode Amaluddin Laode Amaluddin

 

ZONASULTRA.COM, WANGI-WANGI – Memperingati HUT RI ke-72 tahun 2017 ini, sebanyak 30 orang diver (penyelam) lokal asal Wakatobi bakal melaksanakan upacara bawah laut di area Pesisir Cemara Dive Center, Desa Wapia-pia Kecamatan Wangiwangi, Kabupaten Wakatobi. Puluhan diver tersebut berasal dari klub selam se-Kabupaten Wakatobi.

Instruktur selam, Laode Amaluddin menjelaskan kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (Hut) Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) yang ke 72.

“Wakatobi sudah ditetapkan sebagai salah satu dari 10 destinasi pariwisata nasional yang mengandalkan keindahan bawah Iautnya, sehingga menyambut Hari Kemerdekaan kami akan menggelar upacara di bawah laut,” kata Instruktur Selam Laode Amaluddin saat ditemui di Pantai Cemara, Senin (14/8/2017).

Upacara bawah laut ini diharapkan semakin menumbuhkan kecintaan para diver dan masyarakat terhadap bangsa Indonesia, khususnya Wakatobi yang memiliki keindahan bawah Iaut.

“Tentu hal tersebut sangat dibutuhkan untuk menjamin keberlangsungan pariwisata Wakatobi, karena salah satu harapan besar masyarakat Wakatobi dan khusunya para diver di hari kemerdekaan ini adalah Wakatobi menjadi kabupaten maritim yang sejahtera dan berdaya Saing,” ucapnya.

Peringati HUT RI ke-72, 30 Diver di Wakatobi Gelar Upacara Bawah Laut

Diver Wakatobi

Dalam hal kesiapan, salah satu diver yang bakal berpartisipasi dalam upacara bawah laut ini, Akbar Onenk Hahn menyebutkan jika persiapan sudah 80 persen.

“Sejauh ini persiapan sudah 80 persen, dan yang menjadi lokasi upacara sudah clear, hanya tinggal fasilitas yang akan digunakan diver saja, yakni peralatan selam, dalam hal ini tabung udara yang harus sudah selesai pengisiannya,” ungkapnya.

Wilayah laut Pantai Cemara dipilih sebagai pelaksanaan upacara karena masuk dalam nominasi Angerah Pesona Indonesia (API) kategori obyek wisata terbersih, yang vote-nya dimulai 1 Juni 2017 dan berakhir pada 31 Oktober 2017.

Pantai Cemara bersaing dengan 9 obyek wisata lainnya di Tanah Air seperti Danau Sebangau di Palangkaraya, Islamic Center di Samarinda, Kampoeng Radja di Jambi, Kawasan Monas di Jakarta, Pantai Tiga Warna di Malang, Pantai Harlem di Kabupaten Jayapura, Pantai Jiku Merasa di Kabupaten Buru, Pantai Pemuteran di Kabupaten Buleleng, dan Pantai Sisi Serasan di Kabupaten Natuna.

Adapun cara mendukung Pantai Cemara adalah Ketik: API 2J (u/Pantai Cemara) kirim ke 99386. (B)

 

Reporter: Nova Ely Surya
Editor: Jumriati

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free