Tampilan Desktop


Pertimbangan Survei, PBB Plenokan Pasangan Abdul Rasak-Yani Kasim Marewa
125 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Partai Bulan Bintang (PBB) Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) telah memplenokan kader PAN Abdul Rasak dan kader PBB Yani Kasim Marewa sebagai pasangan calon walikota dan wakil walikota yang akan diusung dalam pemilihan Walikota Kendari 2017. Pleno tersebut berlangsung di Kantor PBB Kendari, Selasa (7/6/2016).

Pertimbangan Survei, PBB Plenokan Pasangan Abdul Rasak-Yani Kasim Marewa

Yani Kasim Marewa – Abdul Rasak

Ketua Badan Pemenangan Pemilu PBB Sultra, Ruksana mengatakan, tingginya hasil survei Rasak menjadi pertimbangan utama pihaknya mengusung Ketua DPRD Kota Kendari tersebut.

Selain itu, Yani juga merupakan pendamping 02 yang tepat karena sudah 2 kali mengikuti pertarungan walikota sebagai calon wakil dan selalu berada di posisi runner up (posisi kedua).

“Kami sampai hari ini dengan PAN untuk di Kota Kendari masih senantiasa menjalin hubungan komunikasi terkait dengan koalisi partai. Begitu pula dengan Golkar yang sudah memasukan Rasak untuk dikirim ke DPP (Dewan Pimpinan Pusat). Sikap Golkar yang demikian menunjukkan bahwa Rasak lah yang paling cocok untuk diusung,” kata Ruksana dihubungi Selasa (7/6/2016) malam.

Pleno tersebut akan segera dibawa ke tingkat provinsi untuk diplenokan kembali. Setelah itu akan langsung dikirim ke DPP PBB di Jakarta.

Menanggapi hal itu, Rasak mengatakan sangat bersyukur sudah ada partai yang bersedia mengusung. Terkait sudah dipaketkan dengan Yani, menurut dia hal itu merupakan bagian-bagian dari komunikasi politik yang terus dibangun.

Pertarungan walikota ke depan masih panjang termasuk dukungan koalisi partai yang harus mencukupi 7 kursi. Adanya dukungan dari PBB yang memiliki 1 kursi, Rasak mengaku tidak kaget karena dari dulu sudah dekat dengan kader-kader PBB termasuk Yani dan Ketua PBB Ruksamin.

“Proses masih berjalan, upaya-upaya kesitu (untuk berpasangan dengan Yani) terus kami lakukan. Masih banyak instrumen politik yang harus kita siapkan,” Kata Rasak.

Awal April 2016 lalu, Ketua PBB Sultra Ruksamin mengatakan PBB memang hanya memiliki satu kursi di DPRD Kota Kendari, tetapi dirinya akan melakukan komunikasi dengan partai politik yang lain guna memuluskan langkah pasangan Abdul Rasak dan Yani Kasim Marewa.

“Kota Kendari ini merupakan miniatur Sultra, jadi saya sebagai bupati terpilih Konawe Utara tentunya menginginkan Kota Kendari dipimpin oleh kepala daerah yang memiliki kemampuan yang lebih dan kemampuan itu dimiliki oleh Abdul Rasak sebagai Walikota ke depan,” kata Ruksamin ditemui di Kelurahan Watulondo, Puuwatu, Kendari pada April 2016 lalu. (B)

 

Penulis: Muhamad Taslim Dalma
Editor: Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com