Tampilan Desktop

Peserta SBMPTN Kini Bisa Tes di Kolaka
49 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Mulai tahun ini calon mahasiswa baru asal Kabupaten Kolaka Sulawesi Tenggara (Sultra) yang akan mengikuti tes Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) sudah bisa mengikuti tes di Kolaka tanpa harus datang ke Kendari. Sebelumnya, peserta yang mendaftar ke panitia lokal (Panlok) dalam hal ini Universitas Halu Oleo (UHO) harus datang langsung ke ibukota provinsi Sultra ini untuk mengikuti tes.

Wakil Rektor Bidang Akademik UHO La Rianda mengatakan, berubahnya status Universitas Sembilanbelas November (USN) Kolaka menjadi kampus negeri memberikan kesempatan kepada kampus ini untuk menjadi sub panitia lokal (Sub panlok). Artinya, USN bisa melaksanakan SBMPTN sendiri dengan UHO sebagai panlok sekaligus pembina.

“Waktu daftar online kan ada pilihan, mau ikut ujian di Kendari atau Kolaka. Kalau orang Kendari memilih USN sebagai pilihan pertama dan ingin ujian di Kendari tidak ada masalah. Begitupun sebaliknya, orang Kolaka yang memilih UHO sebagai pilihan pertama dan tesnya memilih Kolaka ya silahkan. Di sini kita (UHO) sebagai panlok dan USN sebagai sub panlok,” terang La Rianda di Kendari, Senin (8/6/2015).

Meski saat ini USN masih berstatus sebagai sub panlok, namun menurut La Rianda tidak menutup kemungkinan ke depan, universitas yang dipimpin Azhari ini juga bisa menjadi panlok dengan berbagai kemajuan yang diciptakan. 

“Kita tidak tahu perkembangan USN ke depan seperti apa. Bisa saja mereka gantian jadi panlok. Seperti di Bandung, misalnya tahun ini ITB jadi panlok, universitas-universitas negeri lainnya jadi sub panlok. Tahun berikutnya giliran Unpad yang jadi panlok, yang lainnya jadi sub panlok. Kira-kira seperti ini juga kondisi UHO dan USN ke depan,” bebernya.

Sebagai tambahan, sebanyak 765 peserta akan mengikuti tes SBMPTN di USN pada Selasa (9/6/2015) besok dengan menggunakan 39 ruangan. Sedangkan UHO sendiri menggunakan 502 ruangan untuk menampung kurang lebih 1.000 orang peserta tes SBMPTN. (Jumriati)


HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com