Tampilan Desktop



Pondok Erfa, Wisata Rekreasi Keluarga dan Kolam Pemancingan Terbesar di Konawe
401 Dibaca

Pondok Erfa, Wisata Rekreasi Keluarga dan Kolam Pemancingan Terbesar di Konawe

PONDOK ERFA– Keindahan Pondok Pemancingan Erfa yang menyajikan wisata alam di arel persawahan, Kelurahan Kasupute, Kecamatan Wawotobi, Kabupaten Konawe. Minggu (18/12/2016). Lokasi berada sekitar 60 km dari pusat kota Kendari dengan jarak tempuh sekitar satu jam. (ILHAM SURAHMIN/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM,KENDARI– Bingung cari lokasi untuk mengisi waktu liburan Anda, Pondok Pemancingan Erfa mungkin dapat menjadi salah satu solusinya.

Berada di Kelurahan Kasupute, Kecamatan Wawotobi, Kabupaten Konawe, tempat ini menyajikan rasa liburan yang tak kalah serunya ketimbang Anda harus berkunjung ke pantai. Dari pusat kota Kendari, Anda harus menempuh jarak sekitar 60 km dengan waktu tempuh sekitar 1 jam.

Pemilik usaha pemancingan, Letehina mengungkapkan, pihaknya melayani pengunjung setiap hari mulai pukul 09.00 pagi hingga jam 06.00 sore. Masalah harga dan biaya untuk berlibur di lokasi ini sangat terjangkau untuk semua kalangan, dengan kisaran harg paket minimal Rp. 30.000.

Melalui usaha ini setiap harinya, Letehina mendapatkan keuntungan bersih sekitar Rp 1,2 juta.

“Saya membangun usaha ini karena saya melihat potensi wisata air yang di miliki Kabupaten Konawe sangat berlimpah, yang saat ini masih belum terlalu dimanfaatkan oleh Pemerintah Daerah,” ungkap Letehina saat ditemui awak zonasultra.com, Minggu (18/12/2016).

Untuk memanjakan pengunjung, pihaknya menyediakan sejumlah fasilitas mulai dari mushola, wc, gazebo gandeng atau utama yang bisa dijadikan sebagai tempat pertemuan ataupun rapat, karaoke, gazebo tunggal sebanyak 6 buah yang digunakan untuk pengunjung yang ingin memancing.

Adapun jenis ikan yang disediakan adalah ikan patin, gurame, nila dan ikan mas. Menurutnya, setiap empang diisi sekitar 300 hingga 400 kg perhari. Pengunjung yang mendatangi wisata air itu kebanyakan berasal dari kota Kendari dan Kolaka.

“Di sini kan daerah persinggahan jadi banyak dari luar kota itu yang datang,” tukasnya.

Dalam menjalankan usahanya, Letehina mengaku tidak sendiri. Dia menjalin mitra dengan kelompok tani bidang perikanan yang menyediakan empang dan bibit ikan. Secara keseluruhan luas wilayah pemancingan ini seluas 12 are, sementara empang seluas 7 hektar dengan modal awal pembangunan sekitar 150 juta.

Wisata pemancingan ini dimulai Februari tahun 2013 dengan tenaga kerja sebanyak tujuh orang.
Dengan menawarkan konsep alam, lokasi ini tepat berada di area persawahan milik warga sekitar, karena dinilainya alam itu untuk dijaga dan dilihat serta memiliki asas manfaat bagi masyarakat.

Jadi bagi Anda yang ingin merasakan sensasi liburan berbeda mungki lokasi ini dapat menjadi salah satu pilihan untuk berlibur bersama teman, sahabat dan keluarga Anda. (B)

 

Reporter : Ilham Surahmin
Editor : Kiki

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com