Tampilan Desktop



Promosi Klasik Wisata Yang Sering Terlupakan Untuk Mendongkrak Wisata Kabupaten Muna
210 Dibaca

OPINI : Potensi wisata Kabupaten Muna tidak kalah eksotik dari obyek wisata yg ada di Daerah lainnya. Hemat saya bahwa Wisata di daerah Muna banyak yang berskala Internasional dan sangat menarik untuk dikunjungi oleh wisatawan dan traveler. hal yang yang menonjol dari wisata disana adalah Perairan, budaya dan Kearifan lokal Yang lebih Khas.

La Ode Muhammad Ryfains

La Ode Muhammad Ryfains

Namun sayangnya keberadaan obyek tersebut hanya dijangkau oleh penduduk lokal saja, paling jauh hanya masyarakat Sulawesi. Jika ada dari para wisatawan nasional dan manca negara yang mengetahuinya tidak sebanding dengan target pemerintah yang telah mengelurkan banyak dana hanya untuk memperkenalkan wisata di daerah muna.

Atas masalah tersebut pemerintah daerah muna melakukan banyak terobosan untuk memperkenalkan wisata Kabupaten Muna baik melalui media televisi dan media massa, sebab dalam kajian ekonomi Wisata yang besar dapat mengangkat ekonomi Daerah. Pemerintah mengeluarkan biaya yang tidak sedikit demi mempublikasikan obyek wisata tersebut. Tapi, sampai saat ini fakta dilapangan bahwa Wisata di Muna tetap sepi dan jauh dari pengetahuan Masyarakan Indonesia dan Dunia pada umumnya.

Saya sangat mengapresiasi semangat pemerinta daerah Muna yang sudah berusaha maksimal dalam membangun strategi demi kepentingan pariwisata di Muna yang dilakukan melalui pembuatan film yang mengambil angel dan background wisata Muna, Kunjungan My Trip My Adventure dan acara Bolang. Hasilnya ternyata bahwa Muna tetap sepi dari kunjungan Wisatawan.

Ada hal yang terlupakan dari promosi yang dilakukan oleh Pemda Muna. Mestinya, Promosi wisata juga difokuskan juga melalui reklame komersial, Neon Box, Videotron atau Mega Tron yang dapat menampilkan gambar dan video wisata Kabupaten Muna disetiap tempat strategis aktivitas publik seperti Pelabuhan Daerah Nasional dan Bandara Strategis (Bandara Internasional) seperti Makassar, Surabaya dan Jakarta.

Hal lain yang mesti dilakukan adalah pemasangan potensi wisata pada kalender dan poster disetiap restoran hotel besar dan berbintang. Minimal satu hotel beesar setiap daerah maju sehinga publikasi wisata kabupaten muna lebih banyak diakses oleh wisatawan nasional dan internasional.

Pemerintah juga bisa melakukan kerja sama dengan majalah bacaan yang ada disalah satu pesawat nasional dan internasional untuk menampilkan potensi wisata Muna.

Walaupun mungkin strategi tersebut sangat sederhana dan fokus orang teralihkan dengan teknologi yang ada saat ini, tetapi sangat efektif dan mampu memperkenalkan wisata Muna diskla nasional dan dunia sehingga dapat diakses setiap waktu dengan modal yg relatif murah, namun mampu memberikan efek yang lebih besar untuk memperkenalkan obyek wisata Kabupaten Muna.

Saya secara pribadi dan sebagai warga Muna yang benar-benar peduli dan sadar akan potensi wisatanya, mengajak secara khusus masyarakat Muna dan secara umum Masyarakat Sulawesi untuk mari bersama membangun dan membantu memperkenalkan Wisata Kabupaten Muna dikanca nasional dan  internasional sehingga Muna bisa menarik perhatian wisatawan untuk datang ke Kabupaten Muna.

 

Oleh : La Ode Muhammad Ryfains

Penulis Merupakan Aktivis Lingkungan Hidup dan Pembina Ikatan Mahasiswa Teknik Sipil Indonesia (IMTSI)

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free