Tampilan Desktop


PSU Muna, Polisi Siagakan Seluruh Kekuatan Pengamanan
217 Dibaca

ZONASULTRA.COM, RAHA-Pengamanan ekstra dikerahkan oleh Polisi Resor (Polres) Kabupaten Muna dalam rangka pelaksanaan Pemungutan Suara Ulang (PSU) Pilkada Muna, 22 Maret 2016.

AKBP Yudith Satriya

AKBP Yudith Satriya

Pengamanan didarat, laut dan udara, disiagakan demi mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan yang bisa terjadi selama pelaksanaan atau pasca PSU 3 Tempat Pemungutan Suara (TPS), yakni TPS 4 Kelurahan Wamponiki Kecamatan Katobu, TPS 4 Kelurahan Raha 1 Kecamatan Katobu dan TPS 1 Desa Marobo Kecamatan Marobo.

“Pengaman ini kami lakukan untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat sehingga PSU dapat berjalan tertib dan aman dan melahirkan pemimpin yang amanah, “kata Kepala Detasemen Brimobda Polda Sultra, Komisaris Besar Polisi Kasero Manggolo yang ditemui di Mako Polres Muna, Senin (21/3/2016).

Menurut Kasero, adapun sistem pengamanan yang telah bersiaga di Kabupaten Muna, selain kendaraan taktis polisi, dua buah kapal dari Polairud Polda Sultra dan satu dari Mabes Polri telah tiba. Tak ketinggalan satu unit helikopter Polairud turut disiagakan.

Alat keamanan ini kemudian didukung oleh ratusan personil Brimobda Polda Sultra yang diterjunkan ke Muna. Anggota Brimob ini kemudian disebar dibeberapa titik pos pengamanan dilokasi strategis diwilayah yang akan menggelar PSU.

Disinggung terkait pengamanan tinggi yang dilakukan mengawal proses PSU untuk tiga TPS ini, Kasero mengungkapkan, hal ini dilakukan sejalan dengan misi tugas Brimob yakni membantu melindungi memperkuat, menggantikan. Pimpinan Polda Sultra, kata dia, merasa perlu melakukan pengamanan ekstra, agar PSU berjalan tertib aman sesuai harapan masyarakat. “Hal ini sesuai permintaan kepala daerah karena ada beberapa kejadian sehingga memerlukan pengamanan ekstra, “katanya.

Sementara itu Kapolres Muna, AKBP Yudith S Hananta menjamin keamanan dan ketertiban di Kabupaten Muna terkendali sebelum dan sesudah PSU.

“Saya jamin Muna Aman, “tegas Kapolres.

Dia mengungkapkan, semua persiapan pengamanan untuk kelancaran jalannya PSU sudah tersetting.

“Pasukan sudah terplotting. Masing-masing 1 pleton pasukan disetiap pos pengamanan. Demikian pula untuk pengamanan TPS-TPS. Untuk pelaksanaan PSU besok, ditiap TPS dikerahkan personil untuk membuat pagar betis, “jelasnya.

Sejumlah pejabat baik dari pusat ataupun provinsi yang datang memantau jalannya PSU Muna, tak luput dari pengawalan aparat kepolisian. Yudith mengklaim, pihaknya siap mengamankan semua tamu yang datang ke Muna.

“Semua kami lakukan agar pemilih aman saat menyalurkan hak pilihnya. Polisi itu pengayom bukan menakut-nakuti masyarakat. Kalau tidak salah kenapa harus takut, “ujarnya.

 

Penulis    : Marly Pilok
Editor    : Tahir Ose

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com