Tampilan Desktop



Puskesmas Konda Gratiskan Pengobatan Bagi Korban Banjir
77 Dibaca

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO – Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Kecamatan Konda, Kabupaten Konawe Selatan (Konsel), Sulawesi Tenggara (Sultra) menggratiskan pengobatan bagi para warga korban banjir yang terjadi di wilayah itu.

Kepala Puskesmas Konda, Muhamad Achyar

Muhamad Achyar

“Kalau pasien korban banjir itu kita gratiskan, baik itu pasien yang kita tolong langsung di lokasi banjir maupun yang datang ke kantor, dan ini telah saya tekankan ke semua unit pegawai puskesmas, termasuk apotik tempat pembayaran terakhir itu supaya digratiskan saat banjir hingga pasca banjir,” kata Kepala Puskesmas Konda, Muhamad Achyar ditemui di ruang kerjanya, Kamis (18/5/2017).

Pengobatan gratis tersebut berlaku bagi seluruh pasien selama orang itu merupakan korban banjir. “Berlaku bagi semua, meskipun pasien itu tidak punya kartu kesehatan sama sekali, makanya kita data, mulai orangya, obat yang diberikan hingga alat apa saja yang digunakan. Untuk menaggulangi biaya pengobatan itu, maka kita masukan di laporan kemudian kita koordinasikan ke dinas kesehatan kabupaten untuk penggantian,” ungkapnya

Meski begitu, kata Achyar, bagi pasien yang ingin merasakan pelayanan pengobatan gratis tersebut harus didata terlebih dahulu untuk memastikan status pasien sebagai bagian dari korban banjir.

(Berita Terkait : Warga Korban Banjir di Konsel Mulai Terserang Penyakit)

Dari data yang diterima awak Zonasultra.com, hingga saat ini pasien korban banjir yang datang berobat di puskesmas tersebut baru mencapai 11 orang. Rata-rata pasien mengeluh menderita gatal-gatal dan demam.

Untuk diketahui, di wilayah kecamatan Konda terdapat dua desa yang terkena dampak banjir yakni Desa Lawoila dengan 33 kepala keluarga (KK) dan Desa Puosu Jaya sebanyak 30 KK. (B)

 

Reporter: Erik Ari Prabowo
Editor: Jumriati

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free