Tampilan Desktop



Rapimnas KPU, Hanya Tujuh Daerah di Sultra Pasti Ikut Pilkada 2015
25 Dibaca

Hal itu diungkapkan Ketua KPU Provinsi Sultra, Muhamad Hidayatullah, saat dikonvirmasi mengenai kepastian sejumlah daerah yang akan menggelar pilkada serentak. Menurutnya tujuh daerah di Sultra yang

Hal itu diungkapkan Ketua KPU Provinsi Sultra, Muhamad Hidayatullah, saat dikonvirmasi mengenai kepastian sejumlah daerah yang akan menggelar pilkada serentak. Menurutnya tujuh daerah di Sultra yang dipastikan mengikuti Pilkada itu yakni Kabupaten Muna, Konawe Selatan, Konawe Kepulauan, Konawe Utara, Buton Utara, Wakatobi dan  Kolaka Timur. Sementara tiga Daerah Otonomi Baru (DOB) yang terdiri Kabupaten Muna Barat, Buton Selatan dan Buton Tengah yang sebelumnya disebut-sebut akan ikut menyelenggarakan pilkada 2015, tidak diikutkan dalam pembahasan tersebut. 
“Masalah tiga DOB itu sudah sampai ke pusat dan KPU RI sudah menyampaikannya ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri)  dengan alasan tiga DOB itu tidak memiliki kesiapan melaksanakan pilkada berdasarkan Undang Undang pemekaran,” jelas Muhammad Hidayatullah, Jumat (20/3/2015).
Ketua KPU yang akrab disapa Dayat ini mengungkapkan sebenarnya Pilkada bisa dilakukan di tiga DOB itu dengan dasar surat edaran Kemendagri 9 Maret 2015. Hanya saja selama ini memang tidak ada koordinasi yang dibangun antara pemerintah di daerah tersebut dengan KPU, terlebih anggaran Pilkada juga belum disiapkan. 
“Sepertinya tiga DOB itu memang  tidak diikutkan dalam Pilkada Desember 2015. Kami pihak KPU sudah pesimistis karena memang tidak dibahas di Rapimnas,” jelasnya. 
Namun apapun keputusan Kemendagri terkait daerah peserta pilkada 2015 menurut Dayat  nantinya itulah yang diikuti. Kalau tiga DOB itu diharuskan ikut Pilkada, maka proses pelaksanaan pilkada harus dijalankan dan anggaran harus disiapkan pemerintah setempat  sesuai dengan petunjuk surat edaran Kemendagri. (**Taslim)
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free