Tampilan Desktop


Rawat Toleransi Umat Beragama, Polres Bombana Utamakan Pendekatan
16 Dibaca

ZONASULTRA.COM, RUMBIA- Kepolisian Resort (Polres) bekerjasama dengan Pemerintah Daerah (Pemda) Bombana Sulawesi Tenggara (Sultra) menekankan kepada masyarakat untuk mengedepankan sikap toleransi antar umat beragama.

Dalam pertemuan yang dihelat di aula Kementerian Agama setempat turut dihadiri pihak Pemda dalam hal ini Kepala Badan Kesejahteraan Bangsa dan Politik, Tokoh Agama dari 22 kecamatan.

Kepala Kepolisian Resort (Kapolres) Bombana, Ajun Komisaris Besar Polisi (AKBP) Hery Susanto yang didampingi Kepala Satuan Pembinaan Masyarakat (Kasat Binmas) Polres Bombana Ajun Komisaris Polisi (AKP) Urbanus dalam rangka penanganan kasus bernuansa agama melakukan sosialisasi peran kepolisian dalam menangani kasus internal beragama.

Dalam acara itu pihaknya mengaku, dalam melaksanakan tugasnya tidak tebang pilih.

” Semuanya diamankan, seperti saat shalat Idul Adha yang lalu kami juga mengamankan sehingga tercipta suasana yang kondusif, aman dan tentram dalam melaksanakan shalat”, ujarnya pada selasa (29/9/2015).

Dalam mewujudkan Keamanan, Ketertiban Masyarakat (Kamtibmas), lanjut Hery, pihaknya berjanji akan mengedepankan tindakan represif, tetapi lebih mengedepankan preentif dan prefentif.

Prinsipnya, lebih baik baik mencegah daripada mengobati. Hery melanjutkan, pihaknya akan senantisa mengajak pemangku kepentingan guna menyelesaikan masalah- masalah maupun potensi masalah yang ada di wilayah hukum Bombana dengan memberdayakan semua potensi masyarakat.

“Janganlah menganggap agama kita adalah paling benar. Tapi kita mesti lebih mengedepankan sikap bertoleransi antar umat beragama guna membangun insan religius yang demokratis. Namun, semua itu tidak dapat terwujud jika tanpa bantuan dari seluruh masyarakat Bombana”, tegasnya

Sementara Kepala Badan Kesbangpol, Nuhung mengatakan sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Dirinya juga meminta organisasi- organisasi lainnya juga mendaftarkan organisasinya di Kesbangpol.

Kata Nuhung, Pemda sendiri hanya sebagai fasilitator penyelenggaraan kegiatan- kegiatan yang sifatnya lebih mengutamakan Kamtibmas di Bombana,

Tugas pemerintah sebagai fasilitator dalam membangun kerukunan umat beragama di Kabupaten Bombana dan kami pastinya sangat mengapresiasi kegiatan ini”, ujarnya.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com