Ribuan Anak Muda Bakal Suarakan Lawan Golput Lewat FISIP Festival

0
Ribuan Anak Muda Bakal Suarakan Lawan Golput Lewat FISIP Festival
FISIP Festival 2017

Ribuan Anak Muda Bakal Suarakan Lawan Golput Lewat FISIP FestivalFISIP Festival 2017

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Ribuan mahasiswa di Kota Kendari bakal menyuarakan perlawan terhadap golongan putih (golput) atau tidak tidak menggunakan hak pilih menjelang pemilihan kepala daerah (pilkada) 2018 dan pemilu serentak 2019, melalui event FISIP Festival 2017 yang mengangkat tema “Anak Muda Memilih”.

Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk kontribusi nyata Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP), sebagai bentuk kampanye kepada masyarakat agar memiliki kepedulian terhadap Pemilu. Event ini akan melibatkan 1000 kaum muda sebagai upaya meningkatkan partisipasi pemilih, khususnya para pemilih muda.

“Acara ini akan dilaksanakan pada tanggal 9-10 Desember 2017. Pada hari Sabtu, 9 Desember 2017 akan dilangsungkan Seminar Nasional di Aula Bahteramas (Kantor Gubernur Sulawesi Tenggara), yang menghadirkan lima pembicara utama,” ujar ketua panitia FISIP Fest 2017, La Husen Suada melalui siaran pers kepada Zonasultra.com, Kamis (30/11/2017).

Kelima pembicara utama tersebut ialah Prabu Revolusi, selaku Jurnalis CNN dan Dosen Universitas Paramadina Jakarta, Amirul Tamim, selaku anggota DPR RI Komisi II, Abdul Rahman Saleh, Ketua DPRD Provinsi Sulawesi Tenggara, Dr. La Ode Abdul Nasir anggota KPU Sultra dan Lupita Ardhyaninggrum, selaku Pemenang Kampanye Gerakan Anak Muda UN He For She.

Acara seminar nanti juga akan diisi oleh para pemakalah dari berbagai kampus di Indonesia, diantaranya Universitas Padjajaran, Universitas Pancasila Jakarta, Universitas Tadulako. Pada hari yang sama pula akan digelar Grand Final Duta Muda Memilih yang terdiri dari 10 Finalis yang sudah melewati rangkaian seleksi.

“Pada hari Minggu, 10 Desember 2017 mulai pukul 06.00 Wita akan diselenggarakan Jalan Sehat bersama anak muda, dengan posisi star dari lapangan Eks. MTQ dan finish di Fisip UHO. Pada hari yang sama, kegiatan dilanjutkan dengan simulasi pemilu, pertunjukan musik, screening film, bazar kuliner, pentas seni, serta pengumuman bagi mahasiswa(i), siswa(i) dan masyarakat yang ikut serta dalam lomba poster dan lomba video kreatif. Event ini juga diramaikan dengan aksi stand up comedy oleh Ovil Putra dan Inal Tora,” jelasnya.

Lanjutnya, kegiatan ini bertujuan untuk, menarik minat politik kaum muda untuk berpartisipasi dalam pesta demokrasi, memberikan pendidikan politik kepada para peserta kegiatan tentang pentingnya memilih, memperdalam pemahaman politik kaum muda sehingga mampu menjadi pemilih cerdas dan kritis, serta mendorong kaum muda melewati pesta demokrasi dengan kemeriahan dan menyenangkan.

Dengan adanya kegiatan Fisip Fest ini diharapkan mampu meningkatkan partisipasi anak muda dalam kegiatan politik, serta memberikan pemahaman politik bagi kaum muda dalam melangsungkan pesta demokrasi.

“Kegiatan ini rencananya akan diikuti oleh para anak muda yang terdiri dari mahasiswa dan siswa yang memenuhi syarat untuk memilih dalam pemilu,” tutupnya. (B)

 

Reporter : Sri Rahayu
Editor : Kiki

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here