iklan zonasultra

RSUD Kota Kendari Banyak Tangani Pasien DBD

DBD Mewabah, Penjual Obat Mengatasnamakan Petugas Kesehatan Menjamur
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Sebanyak 7 Pasien yang terkena Demam Berdarah Dengue (DBD) sedang menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kota Kendari, Selasa (11/2/2019). Pasien yang dirawat karena DBD di RSUD Kota Kendari mulai banyak sejak Januari 2019 lalu.

Kepala RSUD Kota Kendari Asrida Mukaddim mengatakan dari Januari hingga awal Februari 2019 tercatat sebanyak 44 penderita DBD yang dirawat. Sebanyak 37 pasien dirawat pada bulan Januari lalu dan 7 pasien tengah dirawat pada bulan Februari ini.

Dari 37 pasien DBD pada Januari terdiri dari 17 laki-laki dan 20 perempuan sedangkan 7 pasien pada Februari saat ini terdiri dari 4 laki-laki dan 3 perempuan. Selain itu, rata-rata pasien yang dirawat tersebut masih anak-anak.

iklan zonasultra

“Anak-anak sangat rentan terkena DBD ini dikarenakan belum adanya kemampuan ketahanan tubuh pada usia anak‚Äďanak dan ketidaktahuan anak dalam melakukan tindakan (pencegahan) dini,” jelas Asrida, di ruang kerjanya, Senin (11/2/2019).

(Baca Juga : Kasus DBD di Kota Kendari Terus Bertambah)

Sebagai langkah memberikan pelayan terhadap pasien DBD, RSUD Kendari telah membentuk Tim Sigap yang bertugas untuk mendeteksi pasien penderita DBD baik itu yang masuk melalui Unit Gawat Darurat (UGD) maupun yang masuk melalui Poli yang ada di RSUD Kota Kendari.

Menurut Asrida, peran aktif masyarakat dalam menjaga kebersihan lingkungan menjadi hal penting untuk mencegah wabah DBD. Sebab, peran aktif pemerintah tidak akan efektif jika tidak mendapat dukungan dari masyarakat.

“Kami mengimbau kepada masyarakat untuk selalu menjaga kebersihan terutama melakukan 3 M yaitu menguras, menutup dan mengubur tempat-tempat yang berpotensi menjadi sarang nyamuk aedes aegypti,” ujarnya. (B)

 


Kontributor : M Rasman Saputra
Editor : Muhamad Taslim Dalma

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib