Sampah Anda Bakal Dibeli Pemkot Kalau Lembaga Ini Didirikan

0

Ide nyentrik ini dilontarkan oleh Ketua Komisi III DPRD Kota Kendari Ilham Hamra saat ditemui di kantornya, Senin (19/1/2015). Jika bank sampah ini terbentuk, masyarakat dapat menabung sampahnya di l

Ide nyentrik ini dilontarkan oleh Ketua Komisi III DPRD Kota Kendari Ilham Hamra saat ditemui di kantornya, Senin (19/1/2015). Jika bank sampah ini terbentuk, masyarakat dapat menabung sampahnya di lembaga ini dan dapat menguangkannya sewaktu-waktu.
  
“Bank sampah ini dimaksudkan agar masyarakat dapat berpartisipasi aktif dalam mengelola sampahnya. Bank ini sangat penting untuk mengedukasi masyarakat terkait pemanfaatan sampah daur ulang,” jelas Ilham.
“Secara teknis, masyarakat akan “menabung” sampah mereka ke bank ini  Ditabung maksudnya adalah sampah yang diserahkan masyarakat ditimbang kemudian akan dibayarkan jika sang pemilik sampah menginginkan harga sampahnya suatu hari nanti,” tambah Ilham.
Menurutnya, masyarakat akan jijik ketika akan mengangkat sampah orang lain, tetapi tidak akan sungkan jika harus mengangkut dan mengelola sampahnya sendiri. Dicontohkannya, sampah plastik yang selama ini menjadi momok bagi masyarakat dapat termanfaatkan dengan adanya bank sampah.
Diakuinya, penerapan bank sampah ini masih membutuhkan proses sosialisasi ke masyarakat. Tetapi, pihaknya menilai hal ini tidak menjadi persoalan berat lantaran program ini akan ditunjang dengan adanya motivator.
Motivator ini akan direkrut dari tenaga honorer yang ada di 10 kecamatan se-Kota Kendari, tidak perlu menyewa khusus motivator karena akan membebani APBD.(*/Rasman)

Komentar

Please enter your comment!
Please enter your name here