Tampilan Desktop


Satu Siswa SMAN 4 Kendari UN di Rusia
20 Dibaca

Kepala Sekolah SMAN 4 Kendari, Tenggarudin, mengatakan Juned telah terdaftar sebagai salah satu peserta UN di SMAN 4 Kendari. Namun, dua bulan sebelum pelaksanaan UN ayahnya sudah mulai bertugas di R

Kepala Sekolah SMAN 4 Kendari, Tenggarudin, mengatakan Juned telah terdaftar sebagai salah satu peserta UN di SMAN 4 Kendari. Namun, dua bulan sebelum pelaksanaan UN ayahnya sudah mulai bertugas di Rusia sehingga Juned juga harus ikut pindah.
“Kami langsung bersurat ke dinas pendidikan kota terkait izin kepindahan Juned untuk mengikuti UN di Rusia. Dinas pendidikan kota kemudian bersurat lagi ke dinas pendidikan provinsi sebelum akhirnya izin tersebut sampai di Badan Standar Nasional Pendidikan (BSNP),” terang Tenggarudin di ruang kerjanya, Senin (13/4/2015).
Adapun teknis pelaksanaan UN di luar negeri tak berbeda dengan penyelenggaraan UN di Indonesia. Naskah ujian juga disiapkan di Indonesia.
“Pelaksanaan ujiannya seperti di sini (Indonesia), kemudian naskah soal juga disiapkan dari sini,” kata Pelaksana Tugas Kepala Puspendik Kemendikbud, Nizam seperti dikutip dari Kompas.com. 
Penyelenggaraan UN dilaksanakan sesuai dengan waktu setempat di negara tersebut. Tentunya, naskah soal yang dikirimkan bagi siswa di luar negeri berbeda dengan naskah bagi siswa di Indonesia.
“Namun bobot dan varian soal yang diberikan standarnya sama,” lanjut Nizam. 
Setelah pelaksanaan UN selesai, hasilnya kemudian dikirimkan kembali di Indonesia untuk dilakukan pelaporan dan evaluasi di dinas pendidikan. (**Jumriati)
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com