Tampilan Desktop



Sawah Produktif di Konawe Capai 42.750 Hektar
65 Dibaca

Sawah Produktif di Konawe Capai 42.750 Hektar SAWAH – Pemerintah Daerah Konawe terus menggenjot sektor Pertanian, hingga saat ini luas Sawah Produktif di Konawe Mencapai 42.750 Hektar, dan tahun ini Konawe kembali memperoleh bantuan percetakan sawah baru, serta perbaikan irigasi dari Pemerintah pusat. (Dedi Finafiskar/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, UNAAHA – Pemerintah Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara (Sultra) terus menggenjot sektor pertanian karena daerah yang dipimpin Bupati Kery Saiful Konggoasa tersebut dianggap daerah agraris dengan lahan pertanian yang sangat luas. Berdasarkan data yang dirilis Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Kabupaten Konawe, luas sawah produktif saat ini mencapai 42.750 hektar.

Kepala Dinas (Kadis) Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan Konawe Syahrudin mengatakan, selama tiga tahun terakhir ini, Konawe terus mendapatkan kucuran bantuan pembukaan lahan persawahan yang baru. Untuk tahun 2014 seluas 950 hektar, 2015 250 hektar, dan untuk tahun 2016 seluas 2.550 hekatr. “Dan untuk tahun ini, kita kembali mendapatkan bantuan pembukaan lahan sawah baru seluas 200 hektar,” terangnya

Dan untuk menunjang produktifitas cetak sawah baru ini, pemerintah pusat juga ikut menyertakan bantuan handtraktor sebanyak 150 unit demi mendukung sarana dan prasarana pertanian di Konawe. Selama tiga tahun terakhir ini pihaknya telah menyalurkan sekitar 400 unit handtraktor dan 18 unit traktor.

“Selain percetakan sawah baru, dan bantuan handtraktor, kita juga mendapatkan bantuan perbaikan irigasi. Kita berharap dengan adanya kucuran bantuan dari pusat ini, bisa terus mengenjot sektor pertanian kita demi mewujudkan swasembada pangan melalui program upaya khusus (Upsus) yang dicanangkan pemerintah pusat. Disamping itu, kita juga bisa mempertahankan predikat sebagai lumbung beras di Sultra,” tuturnya. (B)

 

Reporter: Dedi Finafiskar
Editor: Jumriati

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free