Tampilan Desktop


Sejuta Koin Untuk Pemekaran Konawe Timur Laut
104 Dibaca

ZONASULTRA.COM, UNAAHA – Deklarasi pembentukan daerah otonomi baru Kabupaten Konawe Timur Laut, Sulawesi Tenggara (Sultra), digelar di Kecamatan Sampara, Selasa (4/8/2015). Satu hal menarik dalam acara tersebut yakni  disediakannya kotak sumbangan sejuta koin yang disimpan di tengah-tengah lapangan sepakbola tempat acara berlangsung.

Ribuan masyarakat memadati acara deklarasi yang dipimpin Bupati Konawe Kery Saiful Konggoasa. Beberapa warga tampak antusias menyumbang koin maupun uang kertas mereka di kotak sumbangan sejuta koin itu.

Kery mengatakan jika melihat respon masyarakat yang begitu antusias menyumbangkan koin akan menambah keyakinan bahwa kabupaten baru itu benar-benar akan terbentuk. Sebagai seorang bupati dia siap membantu meskipun memang belum ada dana dari Pemerintah Konawe untuk kegiatan tim pemekaran.

“Memang ada kewajiban pemda untuk membantu dana tapi itu setelah dipastikan mekar. Seperti pemekaran di Konawe Kepulauan itu ada dana miliaran rupiah dari Pemda Konawe,” Kata Kery usai acara deklarasi.

Sementara itu ketua tim pemekaran Konawe Timur Laut, Amirudin Sami, mengatakan dalam pemekaran sebuah kabupaten unsur dana sangat menentukan. Olehnya, dengan agenda kotak sumbangan sejuta koin itu diharapkan masyarakat dapat berpartisipasi dengan menyumbangkan uang koin yang mereka miliki.

“Tidak bisa kita pungkiri kalau dana itu sangat menentukan. Kalau hari ini seribu rupiah saja per orang dari 10 kecamatan dan 135 desa dan kelurahan yang akan tergabung dalam kabupaten baru maka itu akan cukup dalam rangka membiayai pemekaran ini,” kata Amirudin.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com