Tampilan Desktop


Sepi Penumpang, Kapal Pelni di Pelabuhan Kolaka Dialihkan ke Makassar
375 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KOLAKA – Antusiasme masyarakat Kabupaten Kolaka, Sulawesi Tenggara (Sultra) memanfaatkan Kapal Pelni sebagai moda tranportasi laut terbilang masih minim. Akibatnya KM Jetliner yang disiapkan untuk memuat penumpang rute Kolaka-Bau bau-Wanci untuk sementara dialihkan ke Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar.

Sepi Penumpang, Kapal Pelni di Pelabuhan Kolaka Dialihkan ke Makassar

Kantor unit penyelenggara pelabuhan kelas III Kolaka

“Kapal dialihkan ke Makassar untuk membantu pelayanan arus balik di sana,” kata Kepala Kantor Syahbandar Kolaka, Junaedi, Sabtu (16/7/2016).

Salah satu penyebab pengalihan pelayaran KM Jetliner adalah kurangnya penumpang. “Penumpang hanya sekitar 30 orang, tapi mau tidak mau keberangkatan harus berjalan terus karena ini salah satu program kerja menteri, yakni pembangunan tol laut,” tambah Junaedi.

Menurutnya jumlah penumpang akan mencapai target jika rutenya dimulai dari Pelabuhan Soekarno Hatta Makassar, apalagi di Kolaka banyak pendatang dari Ibukota Sulawesi Selatan tersebut. Hal itu juga akan mempermudah pengusaha untuk mengangkut barang dagangannya.

Jika mobilitas penumpang berjalan normal, kata Junaedi tentu akan berdampak pada perekonomian di Kabupaten Kolaka.

Untuk sementara, jadwal kapal pelni dengan tujuan keberangkatan Kolaka-Baubau-Wanci hanya 1 kali setiap pekan dengan kapasitas 600 orang penumpang. (B)

 

Reporter: Muh Hasrul
Editor: Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com