Tampilan Desktop


Sering Meluap, Tiga Sungai di Konut Bakal Luruskan
65 Dibaca

ZONASULTRA.COM, WANGGUDU – Dalam rangka mengantisipasi sering terjadinya luapan di tiga sungai di
Pemerintah daerah (Pemda) Konawe Utara, Sulawesi Tenggara (Sultra) akan melakukan normalisasi (pelurusan) tiga sungai yang ditenggarai sering meluap jika terjadi hujan deras. Ketiga sungai itu terletak di Kecamatan Andowia dan Asera.

30 Polisi Diturunkan Untuk Evakuasi Korban Banjir di Konut

Banjir di Kecamatan Andowia, Kabupaten Konawe Utara beberapa waktu yang lalu.

Pelaksana tugas (Plt) Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Konut, Antariksa yang dikonfirmasi mengatakan, normalisasi tiga sungai itu dianggarkan pada tahun anggaran 2017 mendatang.

Ketiga sungai tersebut, ungkap Antariksa adalah sungai Anggomate, Anggolame dan Anggolohipo. Selain dilakukan pelurusan sungai, pihaknya juga bakal melakukan pemasangan tanggul di setiap sungai.

“Insya Allah, anggarannya akan kita alokasikan pada pembahasan anggaran untuk tahun 2017,” kata Antariksa, yang ditemui dikantor DPRD Konut saat paripurna persetujuan empat raperda, Rabu (20/7/2016).

Untuk jumlah anggaran yang akan dibutuhkan dalam pelurusan dan pembangunan tanggul di tiga sungai tersebut, Antariksa belum dapat menyebutkan totalnya karena masih akan dilakukan perhitungan dari tenaga tekhnis yang berkompoten.

“Tergantung perhitungan tekhnis, karena setiap sungai tidak sama. Semakin sungai itu luas, otomatis anggarannya makin besar,” ujarnya. (B)

 

Reporter : Murtaidin
Editor      : Kiki

DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com