Tampilan Desktop



Sesalkan Kepemimpinan Bupati, Ratusan Warga Mengadu ke DPRD Butur
895 Dibaca

Sesalkan Kepemimpinan Bupati, Ratusan Warga Mengadu ke DPRD Butur

DEMO : Ratusan pendemo yang tergabung dalam Aliansi Buton Utara Lintas Pemuda dan Masyarakat menyalurkan aspirasinya ke Kantor DPRD setempat, Jumat (3/3/2017). Mereka menilai kepemimpinan Bupati Butur Abu Hasan telah melukai harapan dan cita-cita daerah. (Irsan Rano/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, BURANGA – Ratusan warga yang tergabung dalam Aliansi Buton Utara Lintas Pemuda dan Masyarakat menyalurkan aspirasinya di Kantor DPRD setempat. Mereka menilai kepemimpinan Bupati Butur Abu Hasan telah melukai harapan dan cita-cita daerah.

Koordinator lapangan Zardoni mengatakan bahwa gerakan tersebut merupakan bagian dari partisipasi masyarakat dalam penyelamatan daerah. Sebab menurutnya, hal itu adalah tanggung jawab seluruh komponen yang ada.

“Bicara penyelamatan daerah adalah tanggung jawab kita semua,” ujarnya saat berorasi di depan Lapangan Raja Jin, Jumat (3/3/2017).

Massa menilai, kepemimpinan Abu Hasan yang telah berjalan setahun lebih ini belum menunjukkan kemajuan yang signifikan. Di sisi lain, Bupati Butur seolah tak dekat lagi dengan rakyatnya. Sehingga DPRD adalah tempat yang tepat untuk menyalurkan aspirasi.

Di hadapan dewan, massa aksi mengeluarkan empat tuntutan, diantaranya mendesak DPRD untuk mengeluarkan mosi tidak percaya kepada Bupati Butur, kemudian mereka juga mendesak agar memanggil Bupati Butur beserta jajarannya (TPAD) terkait isu dugaan dana aspirasi.

Tuntutan ketiga adalah mendesak dewan untuk mengeluarkan rekomendasi hasil pansus terkait dugaan pelanggaran undang-undang yang dilakukan bupati atas pengangkatan dan pemberhentian pejabat struktural eselon II, dan III, serta Plt kepala desa. Dan yang keempat adalah membentuk pansus dalam rangka membantu Polda Sultra tentang pungutan liar yang diduga melibatkan Bupati Butur.

Menanggapi tuntutan massa, DPRD menggelar rapat yang berlangsung sekitar satu jam. Dalam rapat yang dihadiri 13 orang termasuk pimpinan itu dibahas seluruh tuntutan para demonstran.

Setelah disampaikan beberapa pertimbangan, DPRD mengeluarkan rekomendasi mosi tidak percaya kepada Bupati Butur. Kemudian akan membentuk pansus terkait dugaan pungli, dan pengangkatan pejabat eselon serta Plt kepala desa pada sore hari ini.

Hingga berita ini dinaikkan, belum ada tanggapan dari Bupati Butur dikarenakan masih berada di luar daerah. (B)

 

Reporter : Irsan Rano
Editor : Jumriati

Tagged with:
DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free