Tampilan Desktop

Siaga Bencana, BPBD Kendari Gelar Pelatihan Teknis Relawan
22 Dibaca

PELATIHAN RELAWAN - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kendari menggelar pelatihan teknis relawan di Hotel Zenit Kendari, Rabu (16/11/2016). Kegiatan ini untuk menambah pengetahuan dan keterampilan relawan dalam menghadapi bencana yang terjadi di Kota Kendari. (KASMAN/ZONASULTRA.COM)

PELATIHAN RELAWANBadan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Kendari menggelar pelatihan teknis relawan di Hotel Zenit Kendari, Rabu (16/11/2016). Kegiatan ini untuk menambah pengetahuan dan keterampilan relawan dalam menghadapi bencana yang terjadi di Kota Kendari. (KASMAN/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Untuk menambah pengetahuan dan keterampilan relawan dalam menghadapi bencana yang terjadi di Kota Kendari, badan penanggulangan bencana daerah (BPBD) setempat memberikan pelatihan teknis kepada para relawan di Hotel Zenit Kendari, Rabu (16/11/2016).

Kepala Bidang Kedaruratan dan Logistik BPBD Kendari Sutiono mengatakan, dari tahun ke tahun potensi terjadinya bencana terutama banjir di beberapa wilayah di Kota Kendari semakin meningkat. Di beberapa titik ini tingkat kerawanannha cukup tinggi, baik banjir maupun tanah longsor.

“Penanggulangan bencana harus dilaksanakan secara terencana dengan melibatkan pemerintah, swasta dan masyarakat, sehingga terbangun kesamaan langkah dalam penanggulangan bencana yang terpadu,” ujar Sutiono.

“Kesiapan kita dalam menghadapi bencana sangat diperlukan dan perlu langkah-langkah antisipasi bencana, baik itu dalam proses penyelamatan, evakuasi dan penanganan pengungsi maupun sarana dan prasarana darurat dan logistik,” lanjutnya.

Dalam pelatihan ini para peserta diharapkan dapat mengikuti, memperhatikan dan memahami materi dan mampu diaplikasikan dan dikembangkan secara kreatif di tempat dan lingkungannya masing-masing. Dan dapat didedikasikan bagi kepentingan penanggulangan bencana jika terjadi bencana di Kota Kendari.

Kegiatan pelatihan ini menggunakan prinsip tangguh, tanggap, cepat dan efisien. Para peserta berasal dari 64 orang perwakilan kelurahan dan 10 orang perwakilan kecamatan yang tersebar di wilayah Kota Kendari. (B)

 

Reporter: Kasman
Editor: Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com