Tampilan Desktop



Survei Index Indonesia, Tafdil-Johan Unggul 59 Persen
901 Dibaca

Survei Index Indonesia, Tafdil-Johan Unggul 59 Persen

INDEX INDONESIA – Lembaga Survei Index Indonesia merilis hasil surveinya yang menunjukkan pasangan nomor urut dua Tafdil-Johan Salim unggul 59,0 persen. tampak Direktur Riset Index Indonesia, Andi Ahmar memberikan keterangan pers. (M Rasman Saputra/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Lembaga Survei Index Indonesia merilis hasil survei elektabilitas dua pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Bombana. Hasilnya, pasangan calon bupati dan wakil bupati Tafdil dan Johan Salim menempati posisi tertinggi.

Tafdil-Johan Salim memiliki elektabilitas (tingkat keterpilihan) mencapai 59,0 persen. Sementara pasangan nomor urut satu Kasra Jaru Munara-Manarfa meraih elektabilitas 27,5 persen.

Pemilih yang masih merahasiakan pilihannya sebanyak 6 persen, sedangkan yang belum menentukan pilihan sebesar 7,5 persen. Adapun margin error penelitian tersebut mencapai 5 persen.

Direktur Riset Index Indonesia Andi Ahmar mengatakan, survei tersebut dilakukan mulai 11 Januari sampai 16 Januari 2017. Jumlah responden sebanyak 400 orang dengan menggunakan multistage random samping.

“Dalam survei ini kami menurunkan 20 orang petugas kami yang melakukan wawancara dengan seluruh masyarakat di Kabupaten Bombana,” jelas Andi di Hotel Same Kendari, Senin (23/1/2017) malam.

Sebelum merilis hasil survei ini terang Ahmar, pihaknya melakukan kroscek kembali ke lapangan apakah tenaga pewawancara telah melakukan survei atau tidak.

Dengan hasil ini dirinya memastikan pasangan nomor urut di Kabupaten Bombana tersebut sudah sulit untuk dikejar oleh pasangan nomor urut satu.

Hal ini didasarkan pengalaman pada survei Pilkada 2010 lalu di Bombana, hasil yang dirillis oleh Index Indonesia hanya berbeda 1 persen dari hasil sebenarnya pada hari pemilihan. (B)

 

Reporter: Rasman Saputra
Editor: Jumriati

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free