iklan zonasultra

Tahun Ini Bupati Muna Fokus Pengaspalan Jalan Poros Kecamatan

MUSRENBANG muna
MUSRENBANG - Bupati Muna, Rusman Emba membuka pelaksanaan musrenbang kecamatan di Kecamatan Kabangka, Jumat (15/2/2019). (Nasrudin/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, RAHA – Bupati Muna LM Rusman Emba terus membenahi infrastruktur jalan di daerah itu. Jelang akhir jabatan yang tersisa dua tahun lagi, Rusman kini fokus pada pembangunan jalan di seluruh poros kecamatan.

Persoalan jalan rusak di Kabupaten Muna memang memprihatinkan. Banyak pengguna jalan dibuat resah dengan kondisi jalan berlubang di beberapa titik jalan poros kabupaten.

Di era LM Rusman Emba, kondisi beberapa ruas jalan di Bumi Sowite itu perlahan sudah mulai dibenahi. Di awal tahun kepemimpinannya, pengaspalan jalan lebih difokuskan di sekitar kawasan perkotaan, kini akan difokuskan di jalan poros kecamatan.

iklan zonasultra

“Kita prioritaskan pembangunan jalan poros kecamatan,” terang Rusman saat pelaksanaan musyawarah perencanaan pembangunan (musrenbang) kecamatan di Kecamatan Kabangka, Jumat (15/3/2019).

Mantan anggota DPD RI ini menuturkan, persoalan jalan di tiga kecamatan di Muna bagian barat yakni Kecamatan Kabangka, Kabawo, dan Kontukowuna, pemda sudah menganggarkan sebesar Rp8,2 miliar.

“Pembangunan itu difokuskan di jalan poros pintu masuk Kecamatan Kabangka hingga ibukota sebesar Rp1 miliar. Dilanjutkan dari ibukota hingga dua kilo sebesar Rp2,5 miliar,” tegas Rusman.

Sementara jalur sepanjang Desa Lamano-Bente tahun ini dianggarkan sebesar Rp4,7 miliar. “Kita sudah anggarkan itu, tahun ini. Bahkan di sana juga dianggarkan saluran irigasi untuk pengairan sawah,” ujarnya.

“Tiga kecamatan ini termasuk wilayah sentra produksi pertanian di Muna. Makanya kita fokuskan pembangunan irigasi dan pemberdayaan,” tambahnya. (b)

 


Kontributor: Nasrudin
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib