Tampilan Desktop



Tak Sesuai, KASN Minta Pemda Koltim Hentikan Lelang Jabatan
200 Dibaca

ZONASULTRA.COM, TIRAWUTA – Komisi Aparatur Sipil Negara (KASN) meminta Pemerintah Daerah (Pemda) Kolaka Timur (Koltim), Sulawesi Tenggara (Sultra) untuk segera menghentikan proses lelang jabatan yang telah berjalan. KASN menemukan adanya ketidak sesuaian proses lelang sebagaimana diatur dalam undang-udang ASN.

Lelang Jabatan Eselon II Pemkab Konut Belum Jelas

Ilustrasi

Teguran itu dibuktikan melalui surat ASN nomor Und-2072/KASN/7/2017 tentang penundaan sementara tahapan seleksi terbuka jabatan pimpinan tinggi dan panggilan klarifikasi, tertanggal 18 Juli 2017.

Dalam surat tersebut, komisi ASN menemukan pelanggaran mirit sistem (ketidaksesuaian) antara subtansi dan rekomendasi dengan pelaksanaan dilapangan, sebagaimana diatur dalam rekomendasi ASN B-1939/KASN/2017 tanggal 19 Juli 2017, dengan begitu komisi ASN memerintahkan kepada Sekertaris Daerah (Sekda) Koltim dan Kepala BKD Koltim untuk meghentikan proses lelang jabatan tersebut.

Sementara itu, pelaksana tugas Sekda Koltim, Samsul Bahri menjelaskan, meskipun surat penundaan dari KASN sudah masuk, pihaknya tetap akan melanjutkan proses seleksi terbuka pimpinan jabatan pratama itu berdasarkan rekomendasi awal .

“Proses seleksi terbuka yang telah kita laksanakan sudah sesuai dengan rekomendasi komisi ASN, Kemudian dengan adanya surat ini ya kita tidak tau lagi bagaimana komisi ASN melihat itu, karena apa yang telah kita laksanaka sudah sesuai dengan rekomendasi,” Kata Samsul diruang kerjanya, Rabu (2/8/2017).

Kata dia, proses lelang jabatan saat ini sudah hampir selesai, sehingga mustahil untuk melakukan penundaan. Ia berdalih, Pemda Koltim sudah memiliki payung hukum yang jelas untuk melakukan lelang terhadap 16 jabatan pratama. Sehingga rekomendasi komisi ASN terkait penundaan bisa dilakukan.

“Saat ini kita tinggal menunggu proses seleksi terbuka jabatan ini, jadi meskipun ada rekomendasi ASN, proses seleksi terbuka 16 jabatan pratama ini tetap kami lanjutkan. Kemudian surat ini baru kemarin kita terima, sementara proses seleksi sudah berjalan sejak lama,” Imbuhnya.

Berdasarkan data yang diperoleh awak zonasultra.com menyebutkan Pemda Koltim melakukan seleksi terbuka untuk 16 pimpinan jabatan pratama. Proses ini di ikuti 30 orang peserta baik dari lingkup Pemda Koltim maupun luar Koltim. (B)

 

Reporter Restu Tebara
Editor Tahir Ose

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free