Terapkan E-Government, Muna Gelontorkan Rp1,5 Miliar Bangun Jaringan Internet

92
Ilustrasi e goverment
Ilustrasi

ZONASULTRA.COM, RAHA – Pemerintah Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara (Sultra) saat ini tengah menggodok penerapan program e-government atau sistem pemerintahan berbasis elektronik. Langkah ini dinilai efektif untuk menerapkan pemerintahan bersih serta pengelolaan keuangan yang transparan di setiap organisasi perangkat daerah (OPD).

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Muna, Laode Ardian, mengungkapkan, guna mewujudkan e-government tersebut, pemda Muna akan membangun koneksi jaringan internet terintegrasi seluruh OPD. Anggarannya sekitar Rp1,5 miliar yang bersumber dari APBD.

Mantan pejabat di Pemerintah Provinsi Riau ini menuturkan, program koneksi jaringan berupa penambahan bandwidth dari 20 Mbps jadi 150 Mbps dengan menggunakan fiber optik. Selain di OPD, koneksi jaringan tersebut juga akan menyasar di tiap kecamatan yang tersebar di Kabupaten Muna.

“Target utama untuk tahun ini seluruh OPD dan wilayah kecamatan sekitar Kota Raha. Pelan-pelan kita akan upayakan sampai ke seluruh kabupaten termasuk di Muna Timur,” ungkap Ardian ditemui Jumat (1/2/2019).

Diharapkan nantinya seluruh aplikasi yang digunakan OPD dapat terkonesi dan terintegrasi ke dalam satu jaringan dengan domain website munakab.co.id.

Pria yang hobi olahraga ekstrim ini menambahkan, untuk meningkatkan jaringan internet ihaknya bakal menggandeng Telkomsel.

“Bandwitdh yang kita pakai itu punya Telkomsel. Jaringan fiber optik juga punya Telkomsel. Jadi pemda bayar jasa saja ke Telkomsel,” ujarnya. (b)

 


Kontributor: Nasrudin
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib