Tampilan Desktop



Tim Satgas Pangan Amankan Ribuan Kosmetik, Obat-obatan dan Bahan Makanan Berbahaya
85 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Ribuan kosmetik, bahan makanan dan obat-obatan berhasil diamankan oleh tim Satuan Tugas (Satgas) Pangan Direktorar Reserse Kriminal Khusus (Dit Reskrimsus) Polda Sultra bersama Balai Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Sultra, Selasa (23/5/2017). Barang-barang tersebut diamankan, lantaran tidak memiliki izin edar dan mengandung bahan berbahaya.

Kepala BPOM Sultra Adillah Pababbari

Adillah Pababbari

Kepala BPOM Kota Kendari, Adila Pababbari mengatakan, ribuan kosmetik, bahan makanan, obat-obatan dan jamu tersebut merupakan hasil operasi Tim Satgas Pangan sejak Januari 2017 hingga Mei 2017.

“Jadi ini merupakan hasil kerja tim satgas, semuanya kita amankan karena tanpa ijin edar dan mengandung baha berbahaya. Kalau Kosmetik yang kita amankan itu ada sekitar 5.529 buah,” ungkapnya.

Untuk obat-obatan sendiri, lanjut Adila, pihaknya berhasil mengamankan sekitar 122 buah serta 12 buah jamu jenis susu belut dan ginseng kiang pil yang mengandung bahan kimia, obat dan juga tanpa ijin edar. Tidak hanya itu, sebanyak 677 buah bahan makanan jenis tepung tapioka, sohun, kornet, kopi bubuk, abon dendeng, jamur larutan, kripik pisang, krupuk keju, mushroom juga berhasil diamankan.

“Semuanya kita amankan karena tanpa ijin edar, registrasi BPOM fiktif, habis masa berlaku dan mengandung bahan berabaya. Dan rata rata masa kadaluarsa juga itu tahun 80 an, jadi sudah jelas ini tidak layak,” ujarnya.

Baca Juga : Jelang Ramadhan, Polres Kendari Sita 1234,6 Liter Miras Tradisional dan 992 Botol Miras Pabrikan

Selain ribuan bahan berbahaya, Satgas Pangan juga berhasil mengamankan dua orang pemilik kosmetik yang tidak layak edar dan mengandung bahan berbahaya.

Sementara itu, Direktur Reserse Kriminal Khusus Polda Sultra, Kombes Pol Wira Satya Triputra mengungkapkan, jika operasi yang dilakukan oleh tim Satgas Pangan digelar secara bertahap di seluruh daerah di Sultra.

“Jadi tim ini bergerak mengontrol, karena jangan sampai produk-produk berbahaya ini beredar di masyakarat. Ia kita juga amankan dua orang dan masih dalam proses penyelidikan, intinya kami juga masih dalami Supleyernya. Karena kemarin itu ada korban kosmetik tiga orang yang mengalami flek hitam di muka,” tuturnya. (A)

 

Reporter : Randi Ardiansyah
Editor : Kiki

Tagged with:
DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com