Tampilan Desktop

Tingkatan Pelayanan Kesehatan, Bupati Konsel Siapkan 5 Puskesmas “On Call”
95 Dibaca

ZONASULTRA.COM, ANDOOLO – Untuk mendorong peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat, Pemerintah Kabupaten Konawe Selatan (Konsel) akan menyiapkan lima Puskesmas “On Call” di lima kecamatan. Dengan adanya layanan ini, warga yang sakit tidak perlu lagi sibuk ke puskesmas, tinggal menelpon atau mengirim SMS, pihak puskesmas akan langsung datang menjemput warga yang sakit tersebut.

Tinggalkan Tugas, Bupati Konsel Bakal Pecat 3 PNS di Dinas PK

Surunuddin Dangga

Bupati Konsel Surunuddin Dangga mengatakan, saat ini pihaknya masih melihat kemampuan keuangan daerah. Layanan ini juga akan dipersiapkan secara bertahap mulai dari fasilitas alat kesehatan, penyiapan dokter dan on call-nya. Program ini rencananya akan dimasukkan dalam APBD-P tahun 2016 ini.

Menurut Surunuddin, langkah ini diambil karena banyak masyarakat Konsel yang sakit langsung dibawa ke rumah sakit di Kota Kendari, padahal jarak antara kampung pasien dengan Kota Kendari sangatlah jauh.

“Kalau orang dari Kecamatan Basala itukan dua jam sampai ke Kendari, kalau ke Motaha hanya 30 sampai 40 menit saja. Itu konsep kita dan mulai fokus di perubahan anggaran ini,” kata Surunuddin, Selasa (19/7/2016).

Surunuddin melanjutkan, dalam pelayanan kelima puskesmas ini nantinya akan ditingkatkan sarananya, tidak hanya ruangan bangsal saja, tapi juga ruang VIP dan ruang rawat inap.

“Selama ini puskesmas hanya bangsal saja, kita menyiapkan  yang kelas juga untuk masyarakat, tambahannya on call yang disiapkan ambulan dan tinggal telepon baru dijemput,” ungkapnya.

Adapun puskesmas yang akan disiapkan untuk menjalankan layanan on call adalah Puskesmas Tinanggea, Motaha, Ranomeeto, Laeya dan Moramo. (B)

 

Reporter: Irfan Mualim
Editor: Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com