Tampilan Desktop


Tingkatkan Ekonomi Kerakyatan, Kementrian Perindag RI Gelar Pelatihan WUB di Bombana
66 Dibaca

ZONASULTRA.COM, RUMBIA– Kementrian Perindustrian Republik Indonesia menggelar pelatihan Wira Usaha Baru (WUB) melalui Direktorat Industri Kecil dan Menengah (IKM) Wilayah III terhadap sejumlah kelompok usaha industri masyarakat yang ada di Kabupaten Bombana Sulawesi Tenggara (Sultra).

Kegiatan ini diberi nama Bimbingan Teknis (Bintek) WUB IKM berbasis pengelolaan meubel kayu ini diselenggarakan selama 5 hari terhitung mulai tanggal 31 Oktorer hingga 4 November.

Kepala Seksi program Sub Direktorat Program Evaluasi dan Pelaporan, Direktorat IKM Wilayah III, Kementrian Perindustrian dan Perdagangan RI, Edi Suhendra yang dikonfirmasi, Rabu (4/10/2015) mengatakan tujuan pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk meningkatkan keterampilan masyarakat sebagai pelaku usaha industri kecil.

“Melalui kegiatan ini, peningkatan ekonomi kerakyatan bagi pelaku usaha bidang meubel di daerah ini terus meningkat,” kata Edi.

Dia mengaku, pihak Kemenperindag hanya melakukan kegiatan tersebut di Kabupaten Bombana, sementara di daerah lain masih menunggu keputusan dari pusat.

“Perlu diketahui bahwa untuk pelatihan meubel yang hari ini kita tutup, dan pelatihan batu akik yang rencananya akan dilakukan setelah usai kegiatan ini, hanya satu kabupaten di wilayah Sultra yang mendapat pelatihan ini yakni Bombana,” ungkap Edi.

Pihaknya menghimbau agar peserta memanfaatkan hasil pelatihan ini termasuk bantuan alat yang diberikan secara baik dan benar. Ia juga berharap peningkatan ekonomi kerakyatan bagi pelaku usaha bidang meubel terus mengalami peningkatan.

Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan Koperasi (Perindagkop) Kabupaten Bombana, Muhammad Kasim menyampaikan ucapan terima kasihnya kepada pihak kementrian yang telah menyelenggarakan kegiatan tersebut di daerah itu.

Menurut dia, pelaksanaan kegiatan tersebut merupakan wujud komitmen pemerintah dalam upaya peningkatan ekonomi berbasis kerakyatan.

“Hal ini sangat kami apresiasi. Dari jumlah kabupaten dan kota yang ada di Sultra, hanya Bombana yang kebahagian kegiatan ini. Hal ini harus kita syukuri,” katanya.

Dia juga berharap dengan adanya kegiatan tersebut tingkat pendapatan ekonomi masyarakat terutama pelaku usaha IKM di daerah tersebut terus meningkat.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI & IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com
Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com