Tampilan Desktop


Tingkatkan Keterampilan Siswa, SMKN 3 Kendari Bangun Hotel Training
92 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Sekolah Menegah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Kendari, Sulawesi Tenggara saat ini tengah membangun hotel training untuk meningkatkan keterampilan siswa perhotelannya. Anggaran hotel yang dibangun di kompleks sekolah, Jalan Budi Utomo Kendari ini berasal dari Direktorat Jenderal Pembinaan SMK Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) RI

sekolah-menegah-kejuruan-negeri-smkn-3-kendari

Sekolah Menegah Kejuruan Negeri (SMKN) 3 Kendari

Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana dan Prasarana SMKN 3 Kendari Zaenal Mustofa mengungkapkan, selama ini sekolahnya tidak memiliki hotel yang representatif untuk dijadikan lokasi praktek. Siswa perhotelan di sekolah ini hanya menggunakan ruang kelas yang disulap jadi kamar layaknya hotel.

Bantuan anggaran yang diberikan pemerintah itu hanya untuk satu lantai. Jika masih ada bantuan anggaran lanjutan, maka akan ditambah bangunan untuk lantai dua. Hotel training ini mulai dibangun pada September 2016 dan ditargetkan selesai akhir Desember mendatang.

“Saya tidak tahu persis jumlah dana bantuan tersebut. Kepala sekolah lah yang lebih mengetahui secara teknisnya,” kata Zaenal saat ditemui di ruang kerjanya, Selasa (18/10/2016).

Zaenal yang juga guru tata boga ini berharap dengan didirikannya hotel tersebut dapat meningkatkan kualitas siswa maupun tamatan SMKN 3 Kendari. Karena hotel ini akan siap dikomersilkan dengan tersedianya sarana peralatan pelayanan hotel. Sehingga siswa lebih mengenal dan dekat dengan akomodasi perhotelan itu sendiri.

“Sebelumnya siswa dalam melakukan praktek antri menggunakan ruang kelas (hotel) yang ada tersebut. Olehnya itu, durasi waktu yang digunakan lebih lama dalam memberikan setiap siswa untuk melakukan praktek langsung,” katanya

Selain mendapatkan teori dan praktek di lingkup sekolah, lanjut Zaenal, siswa juga akan melakukan program kerja industri di hotel-hotel komersial. Ini dilakukan agar siswa lebih mengenal dunia usaha perhotelan.

“Siswa dapat belajar menghadapi dan berinteraksi dengan konsumen secara langsung,” tutupnya. (B)

 

Reporter : Sitti Nurmalasari
Editor : Jumriati

Tagged with:
DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com