Tampilan Desktop


Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Mubar Gencar Lakukan Sosialisasi
39 Dibaca

ZONASULTRA.COM, LAWORO – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Muna Barat, Sulawesi Tenggara (Sultra) terus gencar melakukan soaialisasi kepada masyarakat setempat untuk
meningkatkan partisipasi pemilih pada Pilkada Februari 2017 mendatang.

Komisioner KPU Mubar Divisi Sosialisasi Parmas dan SDM Taufan mengatakan, keberhasilan suatu pemilu bergantung pada kesadaran masyarakat menggunakan hak suaranya, melaksanakan hak politiknya dan menentukan pilihannya secara langsung dan bebas.

 Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Mubar Gencar Lakukan Sosialisasi

Muhamad Taufan

“Itulah tanggung jawab kami dalam melakukan sosialisasi sehingga dapat memberikan dorongan kepada masyarakat tentang pentingnya partisipasi mereka di pemilihan kepala daerah nanti,” kata Taufan melalui sambungan teleponnya, Selasa (27/12/2016).

Dalam sosialisasi ini, lanjut Taufan, pihaknya memberikan pendidikan yang baik kepada masyarakat sehingga bisa memahami tugas, kewajiban dan hak-haknya selaku warga negara.

“Rakyat adalah pemegang kedaulatan yang memiliki tanggung jawab menentukan pemimpin yang baik sehingga perlu ada tahapan sosialisasi dalam meningkatkan partisipasi masyarakat pemilih,” tuturnya.

Adapun bentuk sosialisasi yang dilakukan yakni memberikan pemahaman kepada masyarakat, khususnya pemilih pemula bagaimana mencoblos yang benar pada kartu suara yang disediakan di masing masing TPS, tidak boleh mencoblos dua kali, tidak boleh melakukan pencoblosan dua kali dalam satu lembar kartu suara, coblos pada nomor atau pada gambar calon bupati dan wakil bupati.

Dia menambahkan, pihaknya belum bisa mengukur sejauh mana tingkat partisipasi masyarakat Muna Barat dalam menyalurkan hak pilihnya karena masih dalam tahap sosialisasi. “Tapi sejauh ini kami melihat masyarakat Mubar sangat menantikan momen Pilkada ini,” ucapnya.

Taufan juga menegaskan bahwa KPU Muna Barat selaku penyelenggara akan selalu bekerja keras, profesional, akuntabel, terbuka sesuai dengan aturan yang berlaku demi mensukseskan Pilkada Mubar.(B)

 

Reporter : Laode Pialo
Editor : Jumriati

Tagged with:
HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free