Tampilan Desktop


Tujuh Rumah di Baubau Ludes Dilalap Api
45 Dibaca

ZONASULTRA.COM, BAUBAU – Nasib naas menimpa 9 Kepala Keluarga (KK) yang menempati 7 unit rumah di Lapangan Tembak, Kelurahan Wangkanapi Kecamatan Wolio, Kota Baubau, Sulawesi Tenggara (Sultra), setelah rumah mereka ludes dilalap api, Rabu (18/6/2015) dinihari sekitar pukul 02.00 Wita. 

Camat Wolio La Ode Muslimin yang ditemui Kamis (18/6/2015) di ruang kerjanya membenarkan peristiwa kebakaran yang dialami warganya itu. “Kejadian itu tepat di depan rumah saya. Sekitar jam 2 subuh saya mendengar ramai di luar, saya langsung keluar rumah api sudah membesar,” katanya.

Menurut Muslimin, api baru dapat dipadamkan dua jam setelah kejadian. Tiga unit mobil pemadam kebakaran dikerahkan untuk memadamkan api. 

Hingga kini, belum diketahui secara pasti penyebab kebakaran tersebut. Namun dugaan sementara, kebakaran diakibatkan oleh kompor yang meledak.  

Sementara warga korban kebakaran sudah mendapatkan bantuan tanggap darurat seperti tenda, dapur umum, bantuan beras, mie instant dan telur.

Atas kejadian ini, Camat Wolio menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk memperhatikan kompor sebelum tidur. Apalagi saat ini bulan puasa tentu para ibu rumah tangga sudah ada yang memasak sebelum sahur, karena itu harus mengecek kompornya sebelun tidur untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Ditempat terpisah, Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Baubau La Ode Natsir Bante mengatakan, pihaknya saat ini sudah mendirikan tenda untuk 30 jiwa dan dapur umum. “Kami sifatnya hanya tanggap darurat, dimana sudah ada tenda dan bantuan makanan untuk persiapan satu minggu yang dibantu dengan dinas sosial,” kata La Ode Natsir.

Pantauan Zonasultra.com di lapangan, dua tenda besar didirikan, dapur umun dan satu tangki air bersih yang stand by di lokasi. Sementara 9 KK yang menjadi korban kebakaran hanya satu orang yang memiliki rumah pribadi dan yang lainnya merupakan rumah sewaan.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com