Tampilan Desktop


Tukar Sampah Dengan LPG di Kelurahan Mata
23 Dibaca

Tukar Sampah Dengan LPG di Kelurahan Mata

LOMBA KELURAHAN – Walikota Kendari Asrun mengunjungi stand PKK Kelurahan Mata yang menyediakan makanan tradisional dalam lomba Kelurahan Tingkat Propinsi Kamis (2/6/2016). (SUMARLIN/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM,KENDARI-Kelurahan Mata Kecamatan Kendari mewakili Kota Kendari dalam lomba kelurahan tingkat propinsi Sulawesi Tenggara.

Walikota Kendari Asrun mengatakan bahwa lomba kelurahan merupakan bentuk evaluasi dan penilaian perkembangan penyelenggaraan pemerintahan.

Menurut walikota lomba kelurahan ini juga bertujuan untuk melihat tahapan dan menentukan keberhasilan pembangunan kelurahan dalam kurin waktu 2 tahun.

“Saya minta warga kelurahan mata tetap konsisten menjaga kebersihan dan ketertiban karena merupakan lintasan warga yg menuju lokasi wisata toronipa n bokori meskipun tidak mengikuti lomba” ungkap Asrun.

Lurah Mata Budi Utomo mengatakan bahwa dalam mendukung visi misi kota Kendari Green city kelurahan mata bekerjasama dengan Pertamina membuat bank sampah.

“Kami sudah buat kerjasama dengan Pertamina untuk mengumpulkan sampah rumah tangga dari rumah warga ke bank sampah yang bisa ditukarkan dengan gas LPG 3 Kg” ungkapnya.

Ketua tim penilai lomba kelurahan Muhammad Arfah mengatakan bahwa ada perbedaan penilaian dgn tahun lalu tahun ini. Jika sebelumnya dasar penilaian menggunakan Peraturan Menteri Dalam Negri ( Permendagri ) No 13, maka Tahun ini mengacu pada Permendagri No. 81 tahun 2015 tentang evaluasi perkembangan desa dan kelurahan.

“Peraturan itu menyangkut sejumlah kegiatan meliputi evaluasi perkembangan desa dan kelurahan, perlombahan desa kelurahan dan pekan inovasi perkembangan desa nasional. Untuk pekan inovasi tahun 2016 akan di pusatkan di Mataram” ujarnya

Ia mengungkapkan penilaian lomba kelurahan ini diawali dengan evaluasi diri sendiri yang dilakukan masing-masing desa dan kelurahan, setelah itu dilanjutkan dengan penilaian tingkat kecamatan

Ia berharap peserta lomba ini bisa jadi desa mandiri dan kelurahan maju.

Dari 372 kelurahan yang ada di Sultra hanya 17 kelurahan yang dinilai untuk mewakili masing-masing kabupaten dan kota. (B)

 

Penulis : Sumarlin
Editor : Tahir Ose

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277

redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:

marketingzonasultra@gmail.com