UHO Beri Pendidikan Marching Band Lewat KOMF 2018

594
UHO Beri Pendidikan Marching Band Lewat KOMF 2018
MARCHING BAND - Drum Corps (DC) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali menyelenggarakan event Kendari Open Marching Festival (KOMF) ke-3 tahun 2018. Event ini bertujuan memberikan pendidikan dan pemahaman terkait kompetisi drum corps di kancah lokal Sultra. (Sri Rahayu/ZONASULTRA.COM)

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Drum Corps (DC) Universitas Halu Oleo (UHO) Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) kembali menyelenggarakan event Kendari Open Marching Festival (KOMF) ke-3 tahun 2018. Event ini bertujuan memberikan pendidikan dan pemahaman terkait kompetisi drum corps di kancah lokal Sultra.

Kompetisi yang dilaksanakan di GOR UHO ini dibagi dua kelas, yakni kelas junior dan kelas senior. Untuk kelas junior sendiri terdiri dari taman kanak-kanak (TK) dan sekolah dasar (SD), sedangkan m kelas senior untuk tingkat SMP dan SMA.

Ketua panitia kegiatan Sapril mengatakan, kegiatan ini merupakan agenda tahunan. Tahun ini KOMF sendiri mengangkat tema Memajukan dan Mengembangkan Marching Band Sultra, yang merupakan wadah kompetisi merching band di Sultra, membuktikan siapa yang terbaik.

Dikatakan, tujuan kegiatan ini tidak lain memberikan pemahaman, pendidikan dan membuka wadah kompetisi di kancah lokal agar penggiat DC marching band di Sultra mempunyai bayangan seperti apa kompetisi marching band.

“Alhamdulillah dari tahun ke tahun antusias peserta cukup signifikan terlihat dari pertama dihelat (2015) sampai KOMF ke-3 saat ini (2018),” ujarnya saat ditemui di sela-sela kegiatan, Minggu (11/11/2018).

Kata Sapril, kompetisi marching band ini membutuhkan kedisiplinan dalam berlatih agar hasil yang didapatkan lebih maksimal. Bukan empat hari sebelum kompetisi baru latihan, tentu hasil yang didapat juga tidak akan maksimal.

Ia berharap agar kompetisi ini bisa terus berlanjut ke depannya, sehingga peserta-peserta yang berkecimpung di dunia marching band ini lebih memahami terkait kompetisinya. Sehingga kegiatan ini juga akan memberikan manfaat berupa output terhadap penguatan pendidikan karakter (PPK) juga.

“Kita berharap ke depannya bisa berkerjasama dengan dinas terkait seperti Dinas Pendidikan Kepemudaan dan Olahraga (Dispora) Kendari dan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Sultra, agar dapat mengetahui dengan jelas sekolah mana saja yang mempunyai marching band di Sultra,” ujarnya.

Untuk diketahui, pemenang acara tersebut akan diumumkan pada Minggu (11/11/2018) sore, setelah semua tim tampil. (B)

 


Kontributor: Sri Rahayu
Editor: Jumriati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini