Untuk Kebersihan Kota, DPRD Kendari Dukung Pengadaan Becak Sampah

Ketua Komisi III DPRD Kota Kendari Sukarni
Sukarni

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Kendari mendukung baik pengalihan motor sampah menjadi becak sampah yang akan digunakan untuk mengangkut sampah-sampah dari masyarakat di Kota Lulo itu.

Sebelumnya, Pelaksana tugas (Plt) Wali Kota Kendari Sulkarnain Kadir melontarkan ide terkait pengalihan motor sampah menjadi becak sampah untuk menjaga kebersihan kota tersebut.

Sulkarnain menilai kendaraan pengangkut sampah berupa motor yang selama ini disediakan ternyata tidak digunakan sebagai mestinya. Tak jarang motor sampah itu digunakan untuk mengangkut sayuran atau lainnya.

Ketua Komisi III DPRD Kota Kendari Sukarni Ali Madya menuturkan gagasan tersebut merupakan hal yang bagus. Dan pihaknya akan menyetujui karena ini berkaitan kebersihan kota.

“Sehingga kendaraan pengangkut sampah ini digunakan sebagaimana fungsinya. Tidak digunakan untuk kepentingan yang mengoperasikannya,” ujarnya saat ditemui di Gedung DPRD Kota Kendari, Rabu (9/1/2019).

Kendati demikian, DPRD lebih mengimbau kepada Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kota Kendari untuk meningkatkan fungsi kontrol dan pengawasan terhadap aset-aset daerah tersebut.

Di mana petugas yang diberikan tanggung jawab untuk mengoperasikan motor sampah agar menggunakan aset tersebut sesuai dengan tujuan dan fungsi diadakannya motor sampah atau becak sampah.

Apalagi, kendaraan ini segala sesuatunya seperti bahan bakar dan anggaran pemeliharaannya dibebankan dalam Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD).

“Itu kan semua menggunakan uang rakyat,” tambah Sukarni.

Olehnya itu, ia mengharapkan kepada pihak terkait, baik itu pemerintah kota dan petugas agar memperhatikan fungsi dari motor sampah ataupun becak sampah nantinya agar tidak digunakan untuk kepentingan lainnya. (b)

 


Kontributor : Sitti Nurmalasari
Editor: Jumriati

Komentar

Please enter your comment!
Masukkan Nama *Wajib