Tampilan Desktop


UPT Asinua Jaya Beralih Status Jadi Desa Persiapan
110 Dibaca

ZONASULTRA.COM, UNAAHA – Status daerah transmigrasi atau yang biasa di sebut Unit Perumahan Transmigrasi (UPT) Asinua Jaya yang terletak di Kecamatan Asinua, Kabupaten Konawe, Sulawesi Tenggara kini beralih status dari UPT menjadi desa persiapan Lasao Jaya yang rencananya akan segera didefinitifkan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Konawe.

Kepala Dinas Transmigrasi Kabupaten Konawe, Pirdaus Peraha menjelaskan, peralihan status dilakukan karena wilayah tersebut sudah melewati masa pembinaan dari kementerian tenaga kerja dan transmigrasi melalui departemen transmigrasi yang bekerjasama dengan pemerintah provinsi serta kementerian desa tertinggal selama lima tahun.

“Dan setelah dialihkan maka wilayah ini sudah menjadi tanggungjawab seratus persen pemerintah daerah Kabupaten Konawe di bawah naungan badan pemberdayaan masyarakat desa (BPMD),” kata Pirdaus pada Minggu (30/8/2015).

Pada kesempatan itu, Pirdaus juga menyerahkan secara simbolis sejumlah aset dan bantuan yang selama ini diberikan pemerintah pusat kepada pemerintah daerah sebagai tanda beralihnya status pembinaan UPT tersebut yang diterima langsung oleh Wakil Bupati Konawe, Parinringi.

“Kini wilayah yang masih dalam pembinaan kementrian terkait tinggal satu, yakni UPT Awua Jaya. Nah dengan melihat potensi wilayah di beberapa kecamatan di Konawe ini, kami berencana untuk kembali memprogramkan transmigrasi, terutama di daerah Kecamatan Latoma,” ujarnya.

Untuk wilayah Latoma, lanjutnya, pihaknya sudah mengidentifikasi daerah yang akan dibuka menjadi wilayah transmigrasi baru yakni di desa Watutinawu, Kecamatan Latoma dengan luasan sekitar 840 hektar dan diprediksi bakal menampung sekitar 300 kepala keluarga (KK) pada tahun depan.

Sementara itu, Wakil Bupati Konawe Parinringi mengaku pihaknya sudah menyiapkan semua berkas administrasi untuk mempercepat proses pengukuhan desa persiapan Lasao Jaya menjadi desa definitif.

“Ketika nanti sudah definitif saya harapkan agar wilayah ini bisa berdiri sejajar dengan desa-desa lain yang tua, saya juga berharap agar masyarakat di sini dapat bekerjasama antara masyarakat yang satu dan yang lainnya, agar semua program pembangunan yang sudah kita canangkan bisa terlaksana dengan baik,” kata Parinringi.

 

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com