Tampilan Desktop


Wakatobi 2 Kali Raih WTP, Hugua Berharap Arhawi-Ilmiati Bisa Mempertahankannya
75 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Kabupaten Wakatobi di bawah kepemimpinan Hugua untuk kedua kalinya kembali menerima opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) atas laporan keuangan tahun 2015 dari Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Perwakilan Sulawesi Tenggara (Sultra). Opini terbaik tersebut diterima langsung oleh Hugua di Kantor BPK Sultra, Senin (6/6/2016).

Wakatobi 2 Kali Raih WTP, Hugua Berharap Arhawi-Ilmiati Bisa Mempertahankannya

Hugua

Hugua mengaku predikat WTP tersebut merupakan salah satu kado terindah sebelum akhir masa jabatannya pada 27 Juni 2016. Pemerintahan selanjutnya Arhawi – Ilmiati Daud diharapkan mampu mempertahankan predikat tersebut.

“Kalau turun kelas kan sayang. Mereka harus berusaha untuk mempertahankan karena meraih itu lebih mudah daripada mempertahankan,” kata Hugua ditemui di kediamannya, Senin (6/6/2016) malam.

Atas prestasi WTP tersebut, pemerintah pusat akan menyuntik dana sekitar Rp 9 miliar ke dalam APBD Wakatobi. Jika tahun berikutnya pemerintah Wakatobi kembali mempertahan predikat WTP, maka nominal hadiah yang diberikan pemerintah pusat tentu lebih tinggi lagi.

Menurut Hugua, yang paling penting dalam pemerintahan adalah tata kelola keuangan dan tata kelola pemerintahan. Dengan WTP tersebut Wakatobi telah membuktikan sukses dalam tata kelola keuangannya, apalagi WTP merupakan predikat tertinggi yang tidak semua daerah sukses mendapatkannya.

“Kendala tata kelola keuangan dengan sistem  akrual. Tadinya sebenarnya saya sempat ragu bahwa dengan sistem akrual ini akan menurunkan kemampuan dan semangat teman-teman di SKPD (satuan kerja perangkat daerah) tapi ternyata justru semakin baik,” kata Hugua. (B)

 

Penulis: Muhamad Taslim Dalma
Editor: Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & iklan

0821 1188 2277 redaksizonasultra@gmail.com Marketing: marketingzonasultra@gmail.com