Tampilan Desktop

Wakatobi Gelar Pilkades Serentak
110 Dibaca

Wakatobi Gelar Pilkades Serentak

PILKADES – Sebanyak 15 desa di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak, Minggu (13/11/2016). 15 desa ini tersebar di semua pulau di Wakatobi, empat desa di Pulau Wangi-Wangi, satu desa di Pulau Kaledupa, tiga desa di Pulau Tomia, dan tujuh desa di Pulau Binongko. Duriani/ZONASUTRA.COM

 

ZONASULTRA.COM, WANGI-WANGI – Sebanyak 15 desa di Kabupaten Wakatobi, Sulawesi Tenggara (Sultra) menggelar pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak, Minggu (13/11/2016). 15 desa ini tersebar di semua pulau di Wakatobi, empat desa di Pulau Wangi-Wangi, satu desa di Pulau Kaledupa, tiga desa di Pulau Tomia, dan tujuh desa di Pulau Binongko.

Pantauan Zonasultra.com, Pilkades serentak dimulai sejak pukul 08.00 Wita dan pencoblosan ditutup pukul 14.00 Wita. Kemudian dilanjutkan dengan perhitungan perolehan suara calon kepala desa (kades).

Di Desa Kapota Utara, Kecamatan Wangi-Wangi Selatan, salah satu desa yang ikut dalam Pilkades serentak tahun 2016 diikuti 4 calon. Di desa ini terdapat sebanyak 787 Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Dalam perhitungan akhir perolehan suara masing-masing calon, Karimudin, calon nomor urut 2 meraih suara terbanyak yakni 189. Diikuti calon nomor urut 1 yakni La Jiru La Tua sebanyak 108 suara. Kemudian calon nomor urut 4 Kastamin sebanyak 92 suara dan calon nomor urut 3 yakni Muswali sebagai juru kunci dengan total suara 88.

Eros, salah seorang anggota panitia Pilkades Kapota Utara mengatakan, ada 268 warga Desa Kapota Utara yang tidak sempat menyalurkan hak pilihnya karena sedang berada di luar daerah.

“Dari 787 DPT di Desa Kapota Utara, yang salurkan hak pilihnya sebanyak 519 orang. Ada 268 tidak menggunakan hak pilihnya karena sedang berangkat ke luar daerah,” kata Eros.

Usai perhitungan akhir perolehan suara calon, simpatisan calon nomor urut 2 yang dinyatakan meraih suara terbanyak sekaligus pemenang dalam pesta demokrasi tingkat desa meluapkan kegembiraannya dengan membunyikan petasan.

Sejumlah personil Polres Wakatobi dibantu anggota Danramil Wangi-Wangi melakukan pengamanan hingga berakhirnya perhitungan suara. (B)

 

Reporter: Duriani
Editor: Jumriati

HT ZonaSultra

View all contributions by HT ZonaSultra

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com