Tampilan Desktop



Waspada, Cuaca Buruk Akibatkan Banjir dan Gelombang Setinggi Dua Meter
472 Dibaca

Waspada, Cuaca Buruk Akibatkan Banjir dan Gelombang Setinggi Dua MeterTENDA PLETON – Tim rescue saat mendirikan tenda pleton pengungsian sebanyak dua buah di daerah Sungai Wanggu. (Randi Ardiansyah/ZONASULTRA.COM)

 

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Hujan lebat yang mengguyur Kota Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra) sejak Kamis, (11/5/2017) kemarin membuat sejumlah wilayah pemukiman warga dilanda banjir. Seperti yang terjadi wilayah Sungai Wanggu, Kelurahan Lepo-Lepo, Kecamatan Baruga, Kota Kendari.

Humas SAR Kendari Wahyudi mengatakan, sekitar pukul 09.15 Wita, pihaknya mendapatkan informasi dari Kapolsek Baruga jika sejumlah rumah warga di Sungai Wanggu telah dilanda banjir akibat hujan deras yang mengguyur Kota Kendari selama dua hari terakhir.

“Tadi pagi kami ditelpon, kalau banjir sudah menggenangi rumah warga. Sekitar pukul 09.25 Wita, tim rescue dengan menggunakan rescue car dan satu unit rubber boat diberangkatkan menuju TKM untuk memberikan bantuan,” ungkapnya, Jumat (12/5/2017).

Meski hujan deras belum juga reda, lanjutnya, tim rescue telah mendirikan tenda pleton pengungsian sebanyak dua buah di daerah Sungai Wanggu.

Waspada, Cuaca Buruk Akibatkan Banjir dan Gelombang Setinggi Dua MeterTidak hanya di Kota Kendari, tambah Wahyudi, sejumlah rumah warga di Desa Lamokula, Kecamatan Moramo Utara, Konawe Selatan (Konsel) juga dilanda banjir dengan ketinggian sekitar satu meter.

“Sekitar pukul 09.50 Wita tim Rescuer langsung diberangkatkan menuju TKM dengan menggunakan satu unit rescue car dan satu unit rubber boat beserta alat pendukung lainnya. Untuk melakukan pemantauan dan memberikan bantuan SAR,” ujarnya.

Selain itu, cuaca buruk yang melanda sejumlah wilayah di Sulawesi Tenggara (Sultra) sejak dua hari terakhir juga mengakibatkan sebuah kapal layar milik warga Negara Asing (WNA) mengalami mati mesin setelah dihantam hujan lebat dan gelombang mencapai 2 meter disekitar perairan Menui, koordinat 03.43’00″S-122.47’00″E
Pd TW 0512.1025H, T.

“Sekitar pukul 10.00 wita, kami dapat info dari bapak Vito. Kemudian tim Rescue dengan menggunakan RB210 Kendari, diberangkatkan menggunakan Rescue Boat 210 menuju TKM untuk memberikan bantuan SAR,” tuturnya.

Pihaknya pun menghimbau, agar seluruh masyarakat khususnya di Kota Kendari agar tetap waspada di tengah cuaca buruk yang melanda sejumlah wilayah Sultra, termasuk Kota Kendari.

“Untuk teman-temanya terkhusus di Kota Kendari, mengingat cuaca yang kurang bersahabat sejak kemarin. Sekiranya melihat atau membutuhkan bantuan SAR agar menghubungi kami di 04013196557,” tutupnya. (A)

 

Reporter : Randi Ardiansyah
Editor : Jumriati

Tagged with:
DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Promosi & Iklan

0822 9264 2997

0853 4040 4947

redaksizonasultra@gmail.com marketingzonasultra@gmail.com

ping fast  my blog, website, or RSS feed for Free