Tampilan Desktop

Waspada, Ini Penyakit yang Timbul Jika Sering Merebus Ulang Air Minum
4830 Dibaca

ZONASULTRA.COM, KENDARI – Tanpa Anda sadari kemungkinan Anda seringkali merebus ulang air yang sebelumnya sudah pernah direbus untuk membuat minuman hangat seperti teh ataupun kopi. Namun tahukah Anda beberapa pakar kesehatan menyebutkan bahwa merebus ulang air berdampak buruk bagi kesehatan.

Ini Penyakit yang Perlu Anda Perhatikan Bila Sering Merebus Ulang Air Untuk di Minum

Ilustrasi

Dikutip dari situs Doktersehat.com, berikut adalah beberapa jenis gangguan kesehatan yang bisa ditimbulkan akibat merebus air secara berulang.

Gangguan pada saluran pencernaan

Jika kita merebus air kembali padahal air tersebut sudah pernah direbus sebelumnya, maka kita akan memunculkan kandungan arsenik (As) atau sejenis bahan metaloid yang dikenal beracun pada air tersebut. Andai kita mengkonsumsinya, kandungan arsenik pada air akan membuat kita mengalami masalah pencernaan layaknya mulas-mulas.

Gangguan pada jantung

Pakar kesehatan menyebutkan, selain bisa memberikan masalah pada saluran pencernaan di dalam perut, kandungan arsenik (As) yang muncul pada air yang direbus ulang juga ikut memicu masalah pada sistem kardiovaskular, khususnya pada organ jantung. Hal ini tentu akan sangat berbahaya dan bahkan mengancam nyawa.

Masalah pada ginjal

Sebagaimana kita ketahui, ginjal adalah organ yang memiliki fungsi utama sebagai penyaring racun dari berbagai makanan dan minuman yang kita konsumsi sehari-hari. Andai kita mengkonsumsi air minum yang sudah mengandung arsenik (As) karena direbus ulang, maka ginjal pun akan langsung terinfeksi arsenik yang dapat menyebabkan gangguan pada fungsi ginjal.

Resiko terkena kanker

Air yang direbus ulang bisa memicu munculnya kandungan nitrat yang berbahaya dan memicu munculnya kanker usus, kanker ovarium, kanker pankreas, hingga kanker kandung kemih yang tentunya sangatlah berbahaya.

Masalah neurologis atau sistem saraf

Pakar kesehatan menyebutkan jika air yang direbus ulang akan memunculkan kandungan fluoride. Andai anak-anak mengkonsumsi air ini, mereka akan mengalami gangguan neurologis layaknya rendahnya tingkat IQ-nya. (Doktersehat.com/B)

 

Penulis : Sri Rahayu
Editor : Jumriati

Tagged with:
DY ZonaSultra

View all contributions by DY ZonaSultra

Similar articles

Leave a reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

PROMOSI IKLAN

0821 1188 2277
redaksizonasultra@gmail.com

Marketing:
marketingzonasultra@gmail.com